SUMUT

NASIONAL

Dirgahayu ke 74 di Labura Meriah, SDM Unggul Indonesia Maju

Minggu, 18 Agustus 2019 | 23.35 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Labura H Kharuddin Syah SE menyerah kan Bendera Merah Putih kepada Paskibra Labura untuk di kibarkan di Upacara HUT ke 74 kemerdekaan RI .

Labura, metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke-74. Pengibaran dan penurunan Bendera Merah putih di bumi basimpul kuat babontuk elok yang berlangsung di Lapangan Bhayangkara Polri Kecamatan Kualuh Hulu Aek Kanopan, Sabtu (17/8).

Bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup) Bupati Labura H Kharuddin Syah SE, bertugas sebagai Komandan Upacara Wadanramil 01/Aek Kanopan Kapten Armed Dosran M Siregar, untuk perwira Upacara Kapolsek Kualuh Hulu AKP Asmon Bufitra SH.

Di detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI suara Sirine pun bergema di Tanah Labura, pembacaan teks proklamasipun dibacakan Ketua DPRD Kabupaten Labura Drs H Ali Tambunan.

Pesukan Pengibaran bendera sebanyak 53 orang yang terdiri dari siswa/i SLTA sederajat terpilih di Kabupaten Labura. Adapun yang bertugas sebagai komandan pasukan Dimas Sri Atmaja berasal dari SMA Swasta Kusuma Bangsa, pembawa Baki 1 Anggi kumala Dewi dari SMA Negeri 1 Aek Natas dan pembawa baki 2 berasal dari SMA Negeri 1 Marbau bernama Tria Septian Dini.

Sedangkan yang bertugas sebagai penggerek Bendera berasal dari SMAN Kualuh Hulu Orizal Lamanzano dan Edwin Syah Putra Siahaan dan Ihsanul Fikri Rambe, para peserta upacara dan warga masyarakat yang menyaksikan pun memusatkan perhatian kepada Paskibra seperti OKP, Ormas, Pelajar dari berbagai sekolah di Labura, organisasai keagamaan dan lainnya.

Dikeheningan itu, pasukan pengibar bendera berhasil mengibarkan bendera merah putih dengan lancar dan terlatih di hari peringatan HUT RI ke-74.

Dalam upacara HUT RI KE 74 tahun 2019 bertugas sebagai pengawal adalah Kopda Pujianto, Kopda Chandra Pebrianti, Pratu Dicky Prayogi, Pratu Roby Charul, SH dari Kompi 126 / Kala Cakti Damuli.

Kesuksesan 53 anggota Paskibra dalam mengibarkan bendera merah putih di Bumi Basimpul Kuat Babontuk Elok tidak terlepas dari pelatih dan pembina, Paskibra di latih oleh Mayor Infateri Thamrin Hasibuan, Serka Hamdewasyah, Serka Supriadi yang bertugas di Koramil 01 Aek Kanopan, Badrul Anwar Munthe Ketua Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Labura. dengan pembinaan H Sakti Sormin SE MM selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, dan Sumardi Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga.

Sebelumnya pada malam 17-an ratusan peserta yang terdiri dari TNI, Polri, ASN, Polisi Pamong Praja, Satgas BPBD, Pelajar, Pramuka dan OKP, melakukan pawai obor malam penetapan waktu (Taptu).

Dengan pawai obor ini berharap agar tergambar dan mengingat kembali perjuangan pahlawan kemerdekaan yang dimanifestasikan melalui pergerakan membawa obor. Melalui pergerakan membawa obor di malam Taptu ini diharapkan bisa meresapkan semangat para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan kepada generasi bangsa.

Dengan pelaksanaan Taptu dan pawai obor tidak terlepas dari upaya mengingat kembali perjuangan para Pahlawan Bangsa hingga mencapai Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. (kur/stjg)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru