Disoal Warga Batubara, TBUPP Bidang Kelautan Dinilai Belum Bekerja

Editor: metrokampung.com
Kiri Direktur Batubara Hijau MAS Nainggolan dan kanan Ketua Mantab Sawaluddin Pane.

Batubara-Metrokampung. com
Keberadaan Tim Bupati Untuk Percepatan Pembangunan (TBUPP) dinilai berbagai elemen masyarakat Kabupaten Batubara  belum bekerja melakukan tindakan apapun untuk perbaikan di kabupaten itu.

Direktur  Batubara Hijau MAS Nainggolan kepada wartawan di Lima Puluh, Kamis (15/08) meminta seluruh elemen di TBUPP bergerak melakukan kajian-kajian terhadap permasalahan krusial di daerah itu.

Sebagai contoh Nainggolan menyebutkan permasalahan tanah timbul digaris pantai Batubara sepanjang  lebih kurang  80 KM tidak tersentuh sedikitpun.

Dikatakan  Nainggolan dibeberapa wilayah pantai Batubara terjadi permasalahan tanah timbul yang saling diklaim warga.

Menurut hemat Nainggolan permasalahan tanah timbul merupakan bom waktu yang diprediksi dapat meledak setiap saat.

Senada Ketua Masyarakat Nelayan Tradisional Batubara (Mantab) Sawaluddin Pane menilai anggota TBUPP yang membidangi Kelautan dan Perikanan  belum berbuat apa-apa untuk mengatasi permasalahan nelayan.

Padahal dikatakan Sawal, telah terbit Permen KP No. 71 Tahun 2016 tentang pelarangan alat tangkap yang merusak lingkungan seperti trawl yang saat ini sangat meresahkan nelayan tradisional.

Namun dinilai Sawal, anggota TBUPP yang membidangi kelautan dan perikanan yang juga Ketua Umum Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia (PNTI) Kabupaten Batubara Ir. H. Azwar Hamid, M.Sc belum memiliki langkah konkrit menyelesaikan permasalahan nelayan.

"Sampai saat ini beliau belum pernah mengumpulkan staceholder yang terkait perikanan dan kelautan', sebut Sawal.

Sebagaimana diketahui  TBUPP digadang-gadang Bupati Batubara Ir H Zahir MAP sebagai ujung tombaknya melakukan percepatan pembangunan di Kabupaten Batubara.

Meski begitu yang terlihat masyarakat Batubara saat ini baru sebatas  'pencitraan' oknum Ketua TBUPP yang dijabat Syaiful Syafri. Disetiap kegiatan Bupati masyarakat melihat kesibukan Syaiful Syafri yang selalu menempel Bupati.

Bahkan kerap terlihat Syaful Syafri bertindak selaku fotographer yang mendokumentasikan kegiata Bupati. (ea.ps/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini