SUMUT

NASIONAL

14 Oktober 2019 Pilkades Humbang, 107 Orang Peserta Ikut Bertarung

Kamis, 26 September 2019 | 20.19 WIB
Kali Dibaca |

Kepala Dinas PMDP2A, Elson Sihotang saat memberikan konfirmasi kepada awak media.  

Humbahas,Metrokampung.com
Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) akan dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2019. Pilkades ini berlangsung di 8 (delapan) Kecamatan, yakni Onan Ganjang, Pakkat, Dolokssanggul, Tarabintang, Parlilitan, Pollung, Sijamapolang dan Bakti Raja.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Anak dan Perempuan (PMDP2A) Elson Sihotang yang ditemui awak media diruangan nya Senin,(23/9/2019) kemarin mengatakan bahwa ada 107 orang calon kepala desa yang turut serta berkompetisi memperebutkan 40 kursi Kepala Desa.

Mantan Kepala Dinas Keluarga Berencana Humbang Hasundutan ini menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan pilkades ini pihak nya sebatas memfasilitasi dan monitoring. Dalam hal pengawasan, pihak nya melibatkan uspika, yaitu Kecamatan, Danramil dan Polsek. Dana yang dikucurkan untuk pelaksanaan Pilkades ini sebesar Rp. 1,2 Miliar, diposkan pada kebutuhan logistic , pengamanan dan sosialisasi.

Dikatakan, dana tersebut disalurkan melalui rekening Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD). Jumlah dana yang ditransfer bervariasi, mulai 25 juta hingga 31 juta. Pembiayaan disesuaikan dengan jarak tempuh ke kecamatan, jumlah pemilih dan jumlah PPKD, mengingat personel PPKD  berjumlah 7 orang minimal dan 9 orang maksimal.

Guna menciptakan keamanan dan kesuksesan pelaksanaan Pilkades serentak ini, Dinas PMDP2A telah melakukan melakukan sosialisasi dan pendekatan persuasive kepada masyarakat dan peserta Pilkades. Dalam pelaksanaan Pilkades nanti, Elson berharap sekaligus berpesan, agar berjalan dengan baik dengan rasa kekeluargaan tanpa merusak kekerabatan, agama dan social budaya. Namun menjadi perekat dalam pesta demokrasi. (FT/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru