315 Peserta Bimtek Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kabupaten Tobasa September Tahun 2019

Rabu, 11 September 2019 | 12.37 WIB
Kali Dibaca |


Tobasa, metrokampung.com
Rabu "11/9/2019" Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian membuka kegiatan Bimbingan Teknis Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kabupaten Tobasa  yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tobasa, di Gedung Pendopo Rumah Dinas Pemerintah Kabupaten Tobasa.

Ketua Panitia Pelaksanaan Bimbingan Teknis Panitia Pemilihan Kepala Desa – Henri Silalahi MSi dalam laporannya mengatakan, sebagai bentuk pelaksanaan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan di Desa, maka proses pemilihan kepala Desa dilaksanakan melalui pemilihan langsung oleh masyarakat Desa yang telah memenuhi syarat dan dilaksanakan oleh panitia pemilihan kepala Desa yang dibentuk oleh Badan Permusyawaratan Desa.

Hal ini juga sesuai dengan ketentuan Pasal 5 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan Bimtek ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa agar dapat memahami tugas dan fungsi dalam melaksanakan proses pemilihan Kepala Desa.

Memberikan pemahaman kepada Panitia  Pemilihan Kepala Desa di Tingkat Desa untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat Desa serta Panitia Pemilihan Kepala Desa dapat melaksanakan proses Pemilihan Kepala Desa sesuai ketentuan peraturan perundang–undangan khususnya terkait pemilihan Kepala Desa.

Pada kesempatan itu, Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian dalam arahanya mengatakan, Panitia Pemilihan Kepala Desa merupakan salah satu unsur penting yang turut menentukan kualitas penyelenggaraan demokrasi yang ada di Desa.


Oleh karena itu, panitia pemilihan dituntut mampu bertindak netral dalam proses tersebut, sehingga proses penyelenggaraan dapat berjalan lancar, aman dan tertib.

“Bimtek ini sangat penting bagi Panitia Pemilihan Kepala Desa karena melalui kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan serta wawasan akan pentingnya tahapan Pemilihan Kepala Desa agar tercipta Panitia Pilkades yang Independen dan akuntabel,” ungkap Bupati.

“Pemilihan Kepala Desa serentak dijadwalkan tanggal 5 desember tahun 2019 karena ada 26 tahapan yang harus dilalui sampai dengan hari H," papar Bupati.

Untuk diketahui, peserta kegiatan Bimtek ini dihadiri 315 peserta dari 105 Desa se Kabupaten Tobasa yang akan di gelar, terdiri dari Ketua BPD, Ketua PPKD dan bendahara PPKD yang akan melaksanakan proses pemilihan Kepala Desa tahun 2019.(e/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru

 
©Copyright 2017 - All Rights Reserved