BUPATI ZAHIR: PENINGKATAN KAPASITAS DAN PERENCANAAN PENEMPATAN GURU SANGAT PENTING

Editor: metrokampung.com
Elyas Sitorus, Acep Tapip Yani dan daud bersama peserta seminar.(Foto/Damar Sirait)

Batubara, Metrokampung.com
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara menyelenggarakan Lokakarya Penguatan Kapasitas Perencanaan Kebutuhan dan Pemindahan Tenaga Kependidikan di Lingkungan Kabupaten Batubara khususnya untuk Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah bertempat di Aula Dinas Pendidikan jalan perupuk desa perupuk kecamatan lima puluh pesisir Kabupaten Batubara, Kamis  (12/09).

Bupati Batura Ir Zahir M.Ap dalam sambutannya yang disampaikan oleh Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Batubara Ilyas Sitorus nengatakan mengharapkan kepada semua peserta Lokarya ini agar mengikuti dengan sungguh-sungguh karena kegiatan ini penting mengingat tim Kemendikbud akan meminta masukan dari kita sebagai bahan diskusi selanjutnya di tingkat pusat, Zahir juga meminta panitia penyelenggara untuk mencatat peserta yang tidak aktif untuk mengikuti lokakarya ini atau meningagalkan tempat sebelum acara berakhir agar menginformasikan kepadanya.


Ellyas Sitorus didampingi Plt Ka BKD dalam sambutannya  mengucapkan selamat datang kepada Tim dari Kemendikbud yang sudah memilih salah satu dari 130 Kabupaten Kota di 34 Provinsi se Indonesia Batubara sebagai salah satu tempat berlangsungnya Lokakarya ini.oleh karenanya ilyas menghimbau agar peserta mengikuti semua rangkaian acara ini dengan serius.sebagaimana harapan Bapak Bupati," pintanya.

Ilyas menambahkan, meminta perhatian kawan-kawan dari Kemendikbud untuk ikut membantu pembangunan dan pengembangan pendidikan di Kabupaten Batubara, kami siap bekerja sama sepanjang diberi kesempatan oleh Kemendukbud agar Visi Misi Pak Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bara khusus pada misi ke 3 dan ke 7 yaitu meningkatkan mutu pendidikan, kesehatan dan spritual masyarakat serta mewujudkan masyarakat yang produktif, inovatif dan berbudaya.

Dr. Acep Tapip Yani, M. Pd, Tim Pengembang Penguatan Kapasitas Perencanaan Kebutuhan dan Pembinaan Tenaga Kependidikan Kemendikbud yang juga Ketua Asosiasi Kepala Sekolah Seluruh Indonesia (AKSI ) menjelaskan bahwa Lokakarya tersebut dimaksud untuk memberikan pemahaman cara memetakan kebutuhan pengawas sekolah dan kepala sekolah serta perencanaan dan penataan kedua tenaga kependidikan tersebut.

 Selain itu juga diperkenalkan Aplikasi SIMTENDIK (Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Kebutuhan dan Penataan Tenaga Kependidikan) dimana Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara ditunjuk sebagai operator aplikasi SIMTENDIK untuk penataan Tenaga Kependidikan.

Dijelaskan pula bahwa sebagai Jabatan Kepala Sekolah yang bersifat manajerial bisa dijalankan sebanyak 16 tahun dengan rincian 2 periode di sekolah yang sama atau sekolah berbeda setiap tahunnya sesuai kepentingan dinas, dimana 1 periode nya yaitu 4 tahun dan 2 periodenya di sekolah lain.

Semoga program ini dapat memenuhi tujuannya yang dirancang dalam upaya memberikan kemudahan dan pemahaman yang sama bagi pihak terkait dalam perencanaan kebutuhan dan penataan pengawas sekolah dan kepala sekolah di daerah.

Acep juga mengatakan kesempatan ini mari sama kita dukung Visi Misi Pak Bupati Batu Bara apalagi Plt.kadis Pak Ilyas semangatnya begitu kuat saya liat sejak kemaren kami berdiskusi baik di ruang kerja Pak Ilyas maupun di Mes Inalum Tg Gading tempat kami tinggal sampai makan malam bersama beliau begitu semangatnya untuk dapat berbuat untuk Pendidikan di Batubara ini. Beliau punya koneksi yang terjaga dengan baik dengan pusat walaupun beliau pernah meninggalkan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dan berkiprah di lingkungan Sekretariat Pemerintah Sumatera Utara dengan berbagai Jabatan yang sudah beliau lalui, namun hubungan baik dengan kawan kawan kami di Kemendikbud sampai dengan saat ini silaturahminya tetap terjaga dengan baik dan apalagi saat ini Pak Bupati memberikan kesempatan dan kepercayaan untuk bersama-sama Pemerintah Kabupaten Batubara membangun dari sisi Pendidikan di Batubara ini, maka mari sama kita dukung sehingga selogan Batubara Bisa, benar benar terwujud sesuai dengan visi misi Bapak Bupati.

Dalam acara Lokakarya tersebut banyak hal yang menjadi topik diskusi diantaranya Pepaparan desain dan pedoman perencanaan kebutuhn dan penataan KS dan PS, pengenalan dan ujicoba penggunaan aplikasi perencanaan kebutuhan dan penataan KS dan PS, FDG pendalaman hasil diskusi desain dan pedoman perencanaan kebutuhan dan penataan KS dan PS; Pengisian instrumen uji keterbacaan pedoman dan identifikasi kebutuhan program.

Turut hadir dalam seminar Plt. Kepala BKD Kabupaten Batubara, Unsur MKKS SMP, K3S SD, Unsur BKD, Unsur Dinas Pendidikan dan unsur AKSI, Pengawas Sekolah SD/MI dan SMP/MTs, serta empat orang dari Kemendikbud Ri sebagai narasumber dalam Lokakarya tersebut.(MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini