SUMUT

NASIONAL

Pemkab Batu Bara Bekerjasama dengan Pelindo I Kuala Tanjung, Dikenalkan Pada Anak Sekolah Dasar Batu Bara

Selasa, 24 September 2019 | 22.41 WIB
Kali Dibaca |

Foto bersama : Plt Ilyas Sitorus bersama siswa siswi SD kabupaten batubara saat di pelabuhan Kuala Tanjung. 

Batu Bara, Metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Batubara melalui Dinas Pendidikan bekerjasama Pelindo 1 Kuala Tanjung memberikan edukasi kepada 50 siswa siswi Sekolah Dasar (SD ) sebagai perwakilan yang ada di sekitaran pantai bersama perwakilan K3S dan Guru pendampingi di port visit pelabuhan  Kuala Tanjung kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara, Selasa (24/09).

Indonesia merupakan negara maritim dimana sebagian wilayah terdiri akan laut, tapi tak banyak yang memperkenalkan dunia kemaritiman kepada anak usia Sekolah Dasar.

Plt. Ilyas Sitorus kepada Metrokampung.com saat di hubungi melalui handphonenya mengatakan kegiatan seperti ini sangat mengedukasi peserta didik dan akan memberikan kenangan yang cukup panjang dalam memori anak. Apalagi anak anak mendapatkan bekal berupa materi pengenalan tentang maritim dan kepelabuhanan.





Pelindo 1 dan Pemerintah Kabupaten Batubara akan terus bekerja sama untuk meningkatkan kompetensi SDM untuk memajukan Kabupaten Batubara, ujar  Ilyas  Sitorus.

Selanjutnya, anak-anak sekolah diajak berkunjung melihat dermaga Kuala Tanjung Multipurpose Terminal untuk melihat kegiatan bongkar muat yang sedang berlangsung, anak-anak dikenalkan dengan dunia kepelabuhan dan maritim oleh VP Public Relations Pelindo 1 Fiona Sari Utami dan Manager Stakeholder Organisasi Proyek Kuala Tanjung Pelindo 1 Asih Kurnia.

Menurut Asih Kurnia, anak-anak Sekolah tadi kita ajak untuk mengelilingi Kuala Tanjung Multipupose Terminal yang memiliki dermaga 500x60 m, trestle sepanjang 2,8 km, serta dilengkapi rak pipa 4 line x 8 inch. Kuala Tanjung Multipurpose Terminal juga didukung dengan sistem IT serta Terminal Operating System (TOS) petikemas maupun curah cair yang terintegrasi sehingga mampu meningkatkan layanan kepada pengguna jasa dan meningkatkan kecepatan proses bongkar muat," ujarnya.

General Manager Cabang Pelabuhan Kuala Tanjung, Richard Siahaan menyampaikan bahwa Pelindo I menganggap kegiatan seperti ini merupakan bentuk tanggung jawab Pelindo I sebagai salah satu BUMN dalam memberikan edukasi tentang kepelabuhanan kepada putra/i bangsa, turut serta mendukung program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara Indonesia.

Kegiatan ini diharapkan tidak hanya memberikan inspirasi dan pengetahuan bagi para siswa, namun juga menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan mereka terhadap wawasan bahari dan kegiatan maritim di pelabuhan Indonesia," ungkap Ricard.

Manager Stakeholder Organisasi Proyek Kuala Tanjung Pelindo 1 Asih Kurnia menjelaskan “Kunjungan anak sekolah ke Pelabuhan ini dalam rangka program stakeholder manajemen pelabuhan di Kuala Tanjung yang dalam meningkatkan kompetensi masyarakat sekitar yang berada di wilayah Pelabuhan Kuala Tanjung serta salah satu wujud komitmen dan tindak lanjut kerja sama Pelindo 1 dan Pemerintah kabupaten Batubara," tambahnya.

VP Public Relations Pelindo 1 Fiona Sari Utami menambahkan bahwa setelah anak-anak SD mengunjungi Pelabuhan Kuala Tanjung dan melihat secara langsung kegiatan bongkar muat yang sedang berlangsung di dermaga, kami berharap kegiatan seperti ini bisa menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap dunia kepelabuhanan dan maritim. Kegiatan Port Visit ini akan terus berlangsung karena merupakan salah satu bentuk kerja sama Pelindo 1 dan Pemerintah kabupaten Batubara untuk memajukan SDM daerah sehingga setiap generasi muda di Batubara yang terletak di sekitar di Pelabuhan Kuala Tanjung termotivasi untuk rajin belajar mengejar cita-citanya, kegiatan Port Visit di Pelabuhan Kuala Tanjung bertujuan untuk memperkenalkan dunia kepelabuhanan dan maritim kepada generasi muda yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa," ujar Fiona.

Ilyas menambahkan, rasa terimakasih kami atas nama pemerintah Kabupaten Batu Bara kepada pihak Pelindo 1 Kuala Tanjung atas semua sambutan dan layanan kepada kami termasuk pengetahuan tentang ke pelabuhan yang telah di sampaikan oleh tim Pelindo 1 sekali lagi diucapkan terimakasih atas kesempatan dapat melihat dari dekat pelabuhan Kuala Tanjung bersama anak-anak usia Sekolah Dasar ini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemampuan nalar yang baik, sehingga dapat memberikan inspirasi dan pengetahuan lebih dalam bagi para siswa khususnya di bidang kemaritiman.(MK/DS)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru