SUMUT

NASIONAL

Sambut hari Perhubungan Nasional, Ditjen Perhubungan Laut KSOP Kelas IV Pangkalan Susu Gelar Aksi Pungut Sampah di Laut dan Pantai

Kamis, 12 September 2019 | 20.08 WIB
Kali Dibaca |


Bersihkan Laut dan Pantai :  KSOP Pangkalan Susu Gamal Sembiring diabadikan bersama Forkopimcam Pangkalan Susu usai acara Bersih- bersih Sampah di Laut dan Pantai di wilayah Pelabuhan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat.

Langkat- Metrokampung.com
Serangkaian kegiatan digelar  Direktorat Jendral Perhubungan Laut kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan  (KSOP) kelas IV Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara untuk menyambut  peringatan Hari Perhubungan Nasional, diantaranya dengan  aksi bersih laut dan pantai dari sampah.  Hal itu di lakukan karena Indonesia saat ini masuk pada urutan ke- 5 penghasil sampah sungai dan laut terbesar di dunia. 

Hal itu  disampaikan Gamal Sembiring selaku Kepala Kantor KSOP kelas IV Pangkalan Susu, Kamis (12/9) di Pelabuhan Pangkalan Susu. Sebagai upaya dalam mendukung penanganan sampah di laut dan pantai ,sedikitnya 500-an  orang terlibat dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. 

"Dalam aksi nasional ini pemerintah menargetkan mengurangi sampah plastik di laut hingga  70 persen pada tahun 2025. Hal ini sesuai dengan Inpres Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental,” ujar Gamal.

Lebih lanjut  Gamal berharapkan aksi  dengan tema “ Laut Bersih Bikin Baper” ini dapat berpengaruh dan memberi efek kepada masyarakat agar kebiasaan buruk membuang sampah ke laut tidak  saling lempar tanggung jawab dalam persoalan kebersihan laut dan pantai. Dan kepada perusahaan maupun masyarakat yang berdomisili di sekitar pantai di himbau untuk menjaga dan merawat pantai serta sungai.

"Jadi, mari kita jaga rawat dan sayangi seperti kita mencintai dan menyayangi tubuh kita sendiri, jangan buang sampah ke sungai, laut atau pantai demi satu karya nyata yang dapat kita wariskan kepada anak cucu kita," terang Gamal.

Selain itu Gamal mengajak semua elemen masyarakat untuk menjadi duta pelopor penggerak sosialisasi gerakan buang sampah ke tempat sampah, agar kita bisa hidup bersih, sehat, dan biota laut dapat berkembang lebih baik lagi.

Sebelumnya di kesempatan yang sama Bupati Terbit Rencana Peranginangin yang di wakili Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Langkat Subiyanto mengatakan sangat mendukung aksi ini, karena aksi bersih sampah di laut dan pantai sama hal nya mewariskan alam ini ke pada generasi berikut nya agar biota dan ekosistem  laut dapat selalu terjaga.
Ikut dalam kegiatan ini perusahaan, BUMN, Swasta,Camat Pangkalan Susu T Fahrizal Azmi S,Sos,Kapolsek Pangkalan Susu AKP Slamet Riyadi, Danramil-15 Kapten ARM Syamsuddin, pelajar,masyarakat setempat Sementara itu Lurah Beras Basah Zulkarnain atas nama masyarakat sangat berterima kasih kepada KSOP atas aksi bersih sampah di pantai dan laut di wilayah kelurahan Beras Basah. 

Meskipun peran serta masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan dianggap masih kurang peduli dengan sampah, namun dengan aksi ini diharapkan bisa mengedukasi dan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk ikut bersama-sama menjaga kebersihan sungai, pantai dan laut. 

“Kami juga berharap kepada Gubsu agar segera mewujudkan impian masyarakat Pangkalan Susu khususnya dan Langkat pada umumnya agar Pelabuhan Pangkalan Susu menjadi Pelabuhan bebas dan semua proses untuk itu segera di tanda tangani Gubsu,”imbuh Zulkarnain.

Aksi bersih pantai dan laut tersebut juga di meriahkan dengan pemberian Door Prize dengan 2 hadiah utama berupa 2 sepeda serta ratusan hadiah hiburan lainnya. (BD/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru