SUMUT

NASIONAL

Sudah 59 Rumah Terdata Hancur Akibat Puting Beliung di Batu Bara

Rabu, 04 September 2019 | 17.19 WIB
Kali Dibaca |


Batubara-Metrokampung.com
Hujan deras disertai angin puting beliung yang melanda Kabupaten Batu Bara pada Selasa (03/09) sekitar pukul 18.30 WIB telah menimbulkan kerusakan puluhan rumah di 3 kecamatan.

Demikian laporan yang disampaikan Ka. BPBD Kab. Batu Bara M. Nasir Yuhanan, SPd. M. Si  yang juga diterima wartawan, Rabu (04/09) petang.

Data terbaru korban angin puting beliung di Kecamatan Medang Deras  sebanyak 47 rumah dan 1 sekolah tersebar di Desa Medang 13 rumah, Desa Pematang Nibung 2 rumah, Desa Durian 16 rumah serta 1 ruang kelas SDN 010237  Dusun Utama Desa Durian dan Desa Lalang 16 rumah.

Data kerusakan rumah di Kecamatan Laut Tador di
Desa Tanjung Seri sebanyak 2 rumah.

Data dari Kecamatan Nibung Hangus sebanyak 10 rumah tersebar di  Desa Mekar Laras 9 rumah dan  Desa Lima Laras 1 rumah.

Hingga petang ini menurut M. Nasir Yuhanan  bantuan telah mengalir ke Kecamatan Nibung Hangus di Desa Mekar Laras dan Lima Laras. Bantuan yang diserahkan Ka. BPBD berupa bantuan logistik.

Kemudian untuk korban puting beliung di Kecamatan Medang Deras dan Laut Tador diserahkan Kamis (05/09).

Selain terjangan angin puting beliung yang meluluhlantakkan 59 rumah warga serta 1 unit sekolah dasar, hujan deras juga disertai jatuhnya es batu sebesar buah melinjo. Hujan es terjadi di Desa Kebun Kopi Kecamatan Sei Suka (Selasa, 03/09) dan di Kelurahan Lima Puluh Kota Kecamatan Lima Puluh yang terjadi Rabu (04/09) siang.

Sementara itu diperoleh informasi dari Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia  (PPNI ) Kab. Batu Bara Musli Ardy, S. Kep. Ners mengatakan pihaknya sedang mengkoordinasikan bantuan kepada korban puting beliung sesegera mungkin.

Terkait bencana alam yang kembali menyerang Kabupaten Batu Bara dan hingga Rabu (04/09) petang telah terdata 59 rumah dan 1 sekolah dasar rusak, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir MAP menyampaikan belasungkawa kepada korban.

Bupati berharap agar korban tabah menghadapi musibah tersebut. Pemkab Batu Bara akan segera menyalurkan bantuan sembako maupun bantuan peralatan material bangunan.

Bupati menghimbau agar seluruh warga Batu Bara mewaspadai cuaca yang tidak menentu terlebih yang tinggal diwilayah pesisir.

"Segera cari tempat aman bila melihat tanda tanda awal hujan badai yang disertai angin puting beliung guna menghindari jatuhnya korban", himbaunya. (ea.ps/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru