SUMUT

NASIONAL

Untuk Bantu Meningkatkan Perekonomian Masyarakat, Camat Hinai Ingin Kembangkan Wisata Pertanian

Minggu, 22 September 2019 | 12.28 WIB
Kali Dibaca |


Turun ke Sawah : Camat Hinai, Muhammad Nawawi, S.STP saat turun ke sawah untuk melihat hamparan padi yang siap untuk dipanen milik kelompok tani Tani Karya, Dusun IV, Desa Sukajadi, Kecamatan Hinai.   

Langkat- MetroKampung.Com
Camat Hinai, Muhammad Nawawi, S.STP berharap Kecamatan Hinai bisa memiliki sedikitnya satu objek wisata yang menarik, sehingga bisa menambah hebatnya semarak pariwisata di Kabupaten Langkat. Harapan itu disampaikan Nawi di hadapan para petani yang sedang berkumpul dalam acara temu tani yang dilaksanakan di Desa Sukajadi, Kecamatan Hinai, Sabtu (21/9).

“ Ya, saya berharap kita bisa memiliki objek wisata yang menarik untuk lebih memperkenalkan Kecamatan Hinai dan meningkatkan perekonomian masyarakat Hinai. Kalau tidak ada objek wisata alam, ya kita bisa buat wisata kuliner atau wisata pertanian. Nah, khusus untuk wisata pertanian, bagaimana caranya agar lahan- lahan pertanian kita yang subur bisa dipermak sedemikian rupa, sehingga bisa menjadi objek wisata yang menarik.  Ya, paling tidak bisa menjadi tempat untuk berselfie dan berswafoto ria,” ujarnya.

Lebih lanjut dia pun menambahkan, kenapa itu yang mau dibuat ? Ya, karena sekarang orang cenderung untuk kembali ke alam.

“ Ya, istilahnya adalah back to nature.  Jadi, setelah penat dengan kebisingan dan kepenatan kota, orang- orang akan mencari tempat- tempat yang indah, tenang dan sejuk untuk menenangkan diri.  Tempat itu adalah alam, misalnya di tepian sungai, di tengah hamparan sawah atau di tengah perkebunan karet, dan lain- lain,” ujarnya.

Nah, hamparan sawah dengan padi- padi yang menguning, sebut Nawi, bisa dipermak menjadi objek wisata yang cantik. Untuk itu, diperlukan keseriusan dan kerjsama yang baik, termasuk dengan pihak ketiga.

“ Ya, paling tidak agar bisa dipromosikan ke luar, sehingga bisa diketahui oleh masyarakat luar,” ujarnya.

Nah, acara temu tani itu digelar Sahkuat, petani yang dipandang paling berhasil di Kecamatan Hinai untuk meningkatkan shilaturahmi antar petani, dimana para petani bisa saling bertukar pikiran, ide, ilmu dan pengalaman.  Hadir dalam acara tersebut, para petani dari Desa Sukajadi dan Paya Rengas, Kecamatan Hinai, para petani dari Kecamatan Binjai dan para petani dari Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Langkat Deli Serdang.

Selain itu, ikut hadir Plt Kades Sukajadi, Surepto, Koordinator Penyuluh (BPP) Kecamatan Hinai, Luat Harahap, Babinsa Sertu Kharyadi, penggiat pertanian, Budiarto, SP dan Area Manager PT. Saprotan Utama, Jito Sarjono. (BD/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru