SUMUT

NASIONAL

1000 Siswa Alwasliyah Gading Ikuti Sosialisasi Festival Literasi GSMB di Tanjungbalai

Selasa, 29 Oktober 2019 | 14.09 WIB
Kali Dibaca |

IKUTI : Sekitar 1000 siswa dari tingkat MIS, MTs, MAS dan SMK Pesantren Alwashliyah Gading beserta guru mengikuti sosialisasi festival literasi nasional GSMB oleh sosialisator M. Fajrin Pane di halaman PD. Alwasliyah Tanjungbalai, Senin (28/10).

Tanjungbalai, metrokampung.com
Sekitar 1000 siswa siswi dari tingkat MIS, MTs, MAS dan SMK Pesantren Alwashliyah Gading beserta guru mengikuti sosialisasi festival literasi nasional Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) yang diselenggarakan di halaman pesantren Alwashliyah Gading Tanjungbalai, Senin (28/10).

Kegiatan itu menampilkan narasumber dari Sosialisator Program Literasi (SPL) Nasional  Regional Sumatera untuk Kota Tanjungbalai dan sekitarnya Muhammad Fajrin Pane, S.HI., M.Hum dan dihadiri Pimpinan Pesantren Alwashliyah Gading Tanjungbalai Buya Gustami Hasibuan, S.Sos.I, M.MPd didampingi kepala sekolah masing-masing tingkatan.

Pada kesempatan tersebut Sosialisator M. Fajrin Pane menyampaikan bahwa dalam rangka menyukseskan festival literasi sekolah, gerakan menulis buku Indonesia yang didukung oleh Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan program Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB).


Program tersebut terdiri atas berbagai kegiatan antara lain, lomba penulisan puisi, penerbitan buku, peluncuran buku antologi, lokakarya, seminar dan aksi donasi "semangat sejuta buku untuk Indonesiaku".

Sosialisator juga memberikan materi untuk mengajak para siswa dan guru untuk turut berpartisipasi bergerak dalam gerakan sekolah menulis buku di keluarga besar Pesantren Alwashliyah Gading Tanjungbalai.

"Mengingat betapa penting program ini bagi peningkatan kompetensi dan kesadaran berliterasi di lingkungan sekolah, maka saya selaku sosialisator SPL regional Sumatera melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah baik SD/SD IT/MIN/MIS, MTs/SMP/SMP IT dan MA/SMK/SMA/SMA IT se-Kota Tanjungbalai dan Asahan. Hari ini saya mengunjungi Pesantren Alwashliyah Gading yang diikuti lebih kurang 1000 siswa dari tingkatan MIS, MTs, MAS dan SMK, " ucap M Fajrin Pane usai sosialisasi.

Lebih lanjut Fajrin Pane berharap, sekolah Alwasliyah Gading dapat berpartisipasi aktif pada program tersebut sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. "Selanjutnya kegiatan yang sama juga akan kita gelar di sekolah-sekolah lainnya di Tanjungbalai dan Asahan sebagai wujud kepedulian dalam mewujudkan misi donasi sejuta buku untuk Indonesia, "pungkasnya.

Sementara itu, Buya Gustami selaku pimpinan pesantren yang juga Ketua PD Alwashliyah Kota Tanjungbalai beserta kepala sekolah, guru dan siswa sangat mendukung sepenuhnya kegiatan festival literasi nasional tersebut dan berharap Alwashliyah menjadi sekolah pelopor terwujudnya budaya literasi yang akan diikuti oleh sekolah-sekolah lainnya. (RS/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru