SUMUT

NASIONAL

BID Cluster II, Gunakan DD Efektif dan Berkwalitas, Wujudkan Inovasi Desa

Jumat, 04 Oktober 2019 | 14.53 WIB
Kali Dibaca |

Staf ahli Bupati, Marwansyah SH, Kabid Pemberdayaan pada Dinas PMD H Muslim Sipahutar serta Panitia penyelenggara Cluster II BID tahun 2019 dan TA kabupaten diabadikan. 

Labura, metrokampung.com
Cluster II Bursa Inovasi Desa (BID) ini di buka oleh Staf Ahli Marwansyah SH, Program Bursa Inovasi Desa tahun anggaran 2019 disambut baik Pemkab Labura yang dilaksanakan, di Aula Fajar Dolpa kecamatan Na-IX-X, kelurahan Aek kota batu Jumat (4/10).

Pada acara BID Cluster II  ini mencakup 4 kecamatan yakni kecamatan Aek Natas, NA IX-X, Marbau, Aek Kuo, Bursa ini di laksanakan berdasarkan UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan Permendestran  tentang kegiatan PID bagaimana kita meningkat kan Dana Desa yang berkwalitas

BID merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa di lingkup kabupaten khususnya di Labura sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan harapan Desa dapat mandiri dan ciptakan kemitraan, ujar Bupati Labura melalui Staf Ahli Marwansyah,

Disampaikannya,maksud pelaksanaan BID untuk menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa akan solusi yang baik,  serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

BID bertujuan untuk  mendiseminasikan informasi pokok terkait Program Inovasi Desa (PID) secara umum, serta program pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa secara khusus.

Juga  menginformasikan secara singkat pelaku-pelaku program di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa. Memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan.

Kegiatan BID merupakan bagian komponen utama program inovasi desa tahun 2019 yang hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dan menggali potensi yang ada di desa.

Program tersebut memberikan rujukan inovasi pembangunan desa dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumberdaya manusia serta infrastruktur desa.

PID merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun rencana kerja desa sebagai investasi dalam peningkatan produktiitas dan kesejahteraan masyarakat.

Sebelum nya,  ketua Panitia BID tahun 2019 M Yusup Bahri Pohan menyampaikan Terimakasih nya kepada peserta yang hadir seperti kepala Desa dari 4 kecamatan ,Aek Natas, Aek Kuo, NA IX-X dan Marbau juga  camat dan DPRD Labura, Dinas PMD Labura, BPD, dan tokoh masyarakat, dan lembaga desa juga dari KPW provinsi sumatera utara Sampurna Rambe.

Dijelaskan Yusup, rangkaian inovasi ini dengan harapan bursa ini dapat bermamfat bagi desa secara efektif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan berkwalitas, melahirkan komitmen, ide apa yang sudah di laksanakan apa kah sesuai dengan potensi desa,agar desa berkomitmen membangun desa dengan Inovasi nya apa yang baik bagi desa bukan hanya membangun infrastruktur, tapi lahir kan lah Inovasi desa yang baik. Muncul kan Inovasi - inovasi di Desa," ujar Yusup.(kur/stjg/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru