SUMUT

NASIONAL

Kabupaten Langkat Raih Predikat Kabupaten Telinga Sehat

Rabu, 30 Oktober 2019 | 23.46 WIB
Kali Dibaca |

Penghargaan KTS  :  Ketua Komite Daerah Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (PGPKT) Kab. Langkat, dr. H. Agussalim, M.Ked (ORI-HNS), Sp.THT-KL saat menerima piagam penghargaan ‘Kabupaten Telinga Sehat (KTS)’ dari Kemenkes RI dan Komnas PGPKT Pusat. 

Langkat, Metrokampung.com
Kabupaten Langkat berhasil mendapat predikat ‘Kabupaten Telinga Sehat (KTS)’ dari Kemenkes RI dan Komnas PGPKT Pusat, ditandai dengan penyerahan medali dan piagam Kabupaten Telinga Sehat kepada dr. H. Agussalim, M.Ked (ORI-HNS), Sp.THT-KL selaku ketua Komite Daerah Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (PGPKT) Kab. Langkat dalam acara Kongres Nasional Persatuan Dokter Ahli THT-KL Indonesia (PERHATI-KL) yang diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat. Penyerahan ini bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada tanggal 24 Oktober 2019 yang lalu.

"Saya sangat bersyukur atas penganugerahan KTS ini", ujar Dr. H. Agussalim, M.Ked (ORI-HNS), Sp THT-KL selaku ketua Komda PGPKT Langkat.  Saya tidak tidak menyangka predikat ini akan diterima pada acara kongres kali ini,” ujarnya kepada para wartawan, Selasa, (29/10), di Stabat.

Karena itu, dia pun tidak lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada para pengurus Komda PGPKT Langkat, seperti Dr.Rika Febriyanti, Sp THT-KL selaku Sekretaris, Nirda Mahshuri, S.Si selaku Bendahara dan Dr.Annisa selaku anggota yang telah membantu melaksanakan semua kegiatan PGPKT sesuai dengan program Kemenkes dan Komnas PGPKT, sehingga kabupaten Langkat memenuhi kriteria sebagai kabupaten Telinga Sehat.  Lebih lanjut dia pun menegaskan akan menyerahkan medali dan piagam penghargaan tersebut kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat.

"Ya, medali serta piagam ini akan kami serahkan kepada Dinkes Kab. Langkat dan Bapak Bupati Langkat," ujarnya.

Lebih lanjut sesuai dengan sambutan dari wakil Kemenkes, beliau memberikan apresiasi yang tinggi kepada Komda PGPKT Langkat yang telah berhasil melaksanakan semua program Kemenkes dan Komnas PGPKT untuk menuju Sound Hearing 2030 dan terus meningkatkan prestasi kerjanya di masa- masa yang akan datang.

Nah, adapun kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan Komda PGPKT Langkat antara lain, penyaluran kesehatan telinga, bakti sosial bersih-bersih telinga (BBT) di sekolah-sekolah dan masyarakat, pemeriksaan kesehatan telinga dengan Erdosicopi, screening pendengaran dengan audio neutri pada manula, kampanye remaja sadar bising, pelatihan kepada tenaga kesehatan untuk pemeriksaan telinga dan deteksi dalam ketulian serta pengangkatan serumen dan pemberian ear plug gratis di sekolah SMK.

"Kampanye kesehatan untuk dokter umum dan bidan di Puskesmas, ke depannya Komda PGPKT Langkat berusaha memberikan alat bantu dengar gratis pada masyarakat yang membutuhkan dengan berkolaborasi pada instansi terkait dan mohon dukungan dari Pemkab Langkat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komnas PGPKT Pusat, dr. Damayanti Soetjipto, Sp THT-KL (K) dalam sambutannya mengajak semua Komda PGPKT se Indonesia untuk terus melaksakan program-program ini sehingga mendapat predikat KTS. Dia juga menambahkan bahwa KTS ini baru 9 Kabupaten se Indonesia yang mendapatkan termasuk Kabupaten Langkat.

“Tahun lalu di Bali ada 5 kabupaten dan tahun ini di Padang ada 4 kabupaten,” ujarnya.(BD/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru