SUMUT

NASIONAL

Mari Kita Dukung 'PNS Inspiratif' ASN Award 2019 asal Kabupaten Karo, Camat Dolat Rayat Nominator Anugerah ASN Tahun 2019

Kamis, 17 Oktober 2019 | 21.37 WIB
Kali Dibaca |

Camat Dolat Rayat Leonard Bastian Girsang , SST,M.Si

Karo, metrokampung.com
Berbekal tekad “Bhineka nara eka Bhakti” dengan filosofi keaneka ragaman, tapi satu pengabdian untuk Indonesia menjadi modal utama yang terpatri bagi setiap insan jebolan IPDN Jatinanggor  Jawa Barat  yang harus tulus mengabdi  dengan ikhlas menyerahkan jiwa raganya untuk setia dan berbakti kepada negara Republik Indonesia.

Semboyan dan tekad inilah yang menghantarkan sosok Leonard Bastian Girsang , SST,M.Si yang kesehariannya mengabdi sebagai Camat Dolat Rayat Kabupaten Karo lolos tahap I seleksi ASN Award Tahun 2019 dengan menyisakan 100 Nominator dari Peserta tahap I sebanyak 1.051 peserta. Suami dari Nenden Rahayu ini masuk nominator kategori “PNS Inspiratif” dan merupakan salah satu peserta PNS Kabupaten Karo dan satu satunya sisa perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan ibu ibu PKK Kecamatan Dolar Rayat.

Bukan hanya masuk nominator, ternyata Alumni tahun 2003 IPDN Jatinanggor ini tercatat di peringkat 40 besar .

Tangga menuju ASN Award Tahun 2019 kategori “PNS Inspiratif” itu bukanlah hal gampang untuk digapai, mengingat banyaknya kompetitor dari segala pelosok negeri Nusantara, “ Segala sesuatu hasil pencapaian didunia ini semua berkat campur tangan Tuhan,”ujar Leo saat ditemui di Kantornya yang terletak di jalan Kebun Bunga Dolat Rayat , Kecamatan Dolat Rayat Kabupaten Karo, Senen(14/10).

Sosok bersahaja ini juga menyebutkan kalau jabatan yang diembannya saat ini merupakan amanah yang harus dilaksanakan sebagai pamong dan pencapaian yang diperolehnya juga tidak terlepas dari dukungan warga Kecamatan Dolat Rayat.

Berbagai Juara di setiap menjadi langganan Kecamatan Dolar Rakyat.

“Kami mohon dukungan dan doa dari warga masyarakat Kabupaten Karo dan warga Karo dimana saja berada agar kami berhasil lolos dari penilaian tahap I Anugerah ASN tahun 2019 kategori “ASN Inspiratif ” ini,”pinta Leo.

Menyinggung prestasi yang diperoleh menjabat sebagai Camat Dolat Rayat, adapun sedikit prestasi yang dapat ditorehkan Kecamatan Dolat Rayat adalah sebagai berikut:
Peringkat Pertama atas Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kabupaten Karo Tahun 2019, Juara II (kedua) Lomba Kecamatan Terbaik se-Kabupaten Karo Tahun 2019, Juara I (pertama) Lomba Memasak Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) PKK se-Kabupaten Karo tahun 2019, Juara III Umum Lomba Memasak Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019, Juara Harapan III Lomba Desa kategori Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019, Juara Harapan III Lomba Desa kategori Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (PTP2WKSS) tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019, Juara I (pertama) Lomba Memasak Gemar Makan Ikan PKK se-Kabupaten Karo Tahun 2019 dan terakhir Juara I (pertama) Lomba Mobil Hias dalam Festival Bunga dan Buah Karo Tahun.

Sekilas pandang Kecamatan Dolat Rayat.
Dolat Rayat adalah Kecamatan dengan nilai nilai Budaya yang kental dan memiliki sejuta keindahan alam, Terletak di Provinsi Sumatera Utara dengan titik kordinat Dua Derajat Lima Puluh detik Sampai Sembilan Puluh Delapan Derajat Tiga Puluh Delapan Detik Bujur Timur.

Memiliki tinggi diantara Seribu Dua Ratus hingga seribu tiga ratus tujuh puluh tujuh meter diatas permukaan laut , menjadikan suhu udara di Kecamatan yang memiliki luas wilayah 32,500  berada diantara 16-17 derajat celcius terdiri dari 7 Desa dengan jumlah penduduk sebanyak 9.408 jiwa.
Dilihat dari segi jumlah penduduk yang dibandingkan dengan luas wilayah Kecamatan Dolat Rayat masih belum tergolong daerah yang padat karena rata – rata kepadatan penduduk adalah 259,13/Km2
Keadaan penduduk yang berada di Kecamatan Dolat Rayat tergolong baik karena walaupun masih mayoritas adalah berasal dari etnis Karo Kecamatan Dolat Rayat yang merupakan Kecamatan di Kabupaten Karo terdiri dari beragam etnis seperti Batak, Mandailing, Jawa, Nias, dan Cina.

Keanekaragaman ini perkembangannya belum pernah menjadi masalah yang berarti karena sifat asli masyarakat Karo yang selalu terbuka dengan pendatang.

Dari segi pemeluk agama penduduk di Kecamatan Dolat Rayat menganut Kristen dan Katolik serta agama Islam. Hal ini dapat dilihat bahwa di wilayah Kecamatan Dolat Rayat hanya ada gereja dan mesjid, Kecamatan Dolat Rayat terdapat 18 Gereja dan 3 Mesjid. Sedangkan mata pencaharian warga masyarakat Dolat Rayat mayoritas sebagai petani dengan tanaman jenis tanaman buah-buahan, bunga dan sayur mayur dengan aneka ragam. (amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru