Sambut Hut 30 tahun PPBS Bupati Karo Serahkan Piagam Penghargaan Penggiat Sinabung

Editor: metrokampung.com
Ketua PBBS Efendi Hansen NG Sinulingga : Organisasinya Akan Terus Berkarya, Demi Ingat Asal Usul

Bupati Karo Terkelin Brahmana disaksikan ketua PPBS Drs Efendi Hansen NG Sinulingga, menyerahkan Piagam Penghargaan penggiat Sinabung kepada Brigjen Pol Ricky Wakanno Ginting dan Iwan Mahatirta. TMS


Karo, metrokampung.com

Ribuaan warga Tionghoa yang tergabung dalam  Perkumpulan Persaudaraan Berastagi Sejahtera  (PPBS) ikut memeriahkan prosesi dan perayaan HUT ke 30 tahun PPBS, yang digelar di Nelayan Restoran Jln. Karang Bolong Raya Ancol Barat, Jakarta Utara. Acara ini dihadiri oleh Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, Minggu (20/10) pukul 12.00 Wib.

Ketua PBBS acara Drs Efendi Hansen NG Sinulingga mengatakan, kegiatan ini sudah jauh hari dimatangkan untuk dapat  digelar, khususnya warga Tionghoa yang berasal dari berastagi,  namun sebagian telah berdomisili di Jakarta sekitarnya. Hal ini tentu mendorong  kegiatan berkontribusi untuk memberikan semangat dan ucapan terimakasih bagi teman, sahabat, kerabat, keluarga dan partisipatif selama ini dalam membantu misi kemanusiaan  pasca erupsi gunung Sinabung, tuturnya.

Pendampingan kala itu, terpanggil terus berkarya, ingat asal usul, ini salah satu keikutsertaan kami dalam turun kelapangan dan berbaur dengan masyarakat yang  terkena terdampak pasca erupsi Gunung sinabung, sekaligus menyalurkan bantuan secara langsung yang sudah terkumpul dalam bentuk   uang maupun kebutuhan barang yang ketika itu kami sumbangkan, kata Hansen Sinulingga.

Disamping itu, PPBS sedih Melihat musibah, yang dialami warga kampung halamannya, sehingga dirinya tergerak secara naluri  untuk  memberikan dukungan dan hadir di tengah saudara saudara-ku yang terkena terdampak erupsi, untuk memberikan  edukasi dan meyakinkan agar saudara saudara-ku tetap semangat menghadapi  musibah yang  berlarut larut terobsesi ulah erupsi gunung sinabung yang dihantui rasa katakutan  setiap jam, hari, minggu, bulan bahkan bertahun, urainya.

Kata Hansen, inilah menimbulkan Kepedulian bagi semua PPBS (Persaudaraan Berastagi Sejahtera) kami ini sebagai bentuk solidaritas, sehingga mengumpulkan dana untuk keperluan bagi masyarakat terdampak pasca erupsi gunung sinabung, berupa Kebutuhan logistik, Pakaian, Sembako, kala itu, tukasnya.

Selain itu, Hansen menuturkan PPBS juga membentuk wadah Rumah belajar dengan  menyediakan  buku buku bagi anak anak pengungsi dan  menyediakan  tempat pelatihan mekanik  sepeda motor, agar anak anak pengungsi yang tidak ada pekerjaan. Menjadi ada setelah diberikan bekal ilmu bidang mekanik servis sepeda motor, urainya.

Sementara Bupati karo Terkelin Brahmana, SH mengatakan selamat Ulang tahun bagi PBBS (Persaudaraan Berastagi Sejahtera ) yang ke 30 tahun, semoga PPBS selalu berkarya dan ingat terus asal usul bagi kab karo, ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Terkelin mengapresiasi panitia dan  seluruh PPBS, dengan digelarnya acara ini, tidak sedikitpun menghilangkan kearifan lokal budaya karo, jelas kita lihat dari awal acara prosesi pakaian budaya Karo tetap ditonjolkan bagi yang ikut ambil bagian, bahkan Musik didendangkan mengisi acara dengan  musik karo, ini adalah luar biasa, katanya disambut aplaus.

Kegiatan ini, sangat tepat sekali istilah" ikuti zamanmu jangan tinggalkan budayamu" untuk itu jangan kita malu, menampilkan budaya kearifan lokal dimana-pun kita berada, tandasnya.

Sebelumnya, kita tahu rekam jejak PPBS memang selama pasca erupsi gunung sinabung, selalu aktif dalam misi kemanusiaan di kab. Karo, dan sudah banyak melakukan program dan terobosan untuk meringankan warga karo yang membutuhkan sejak terdampak akibat pasca erupsi gunung sinabung, ungkap Bupati.

"Atas nama pemda karo kami ucapkan, terima kasih, atas partisipatif PPBS yang terus ikut membantu warga karo, dan hadir selalu mendorong pemda karo dalam menghadirkan setiap  kegiatan kegiatan sosial dalam mewujudkan pembangunan di karo, dan bagi partisipatif sebagai pemerhati gunung Sinabung, kita juga ucapkan terimakasih dan kita berikan dalam bentuk Piagam  penghargaan nantinya, pungkasnya.

Dipenghujung acara diberikan piagam penghargaan penggiat Sinabung kepada 49 orang, diserahkan oleh Bupati Karo didampingi Drs Efendi Hansen NG, kepada Brigjen Pol Ricky Wakanno dan Iwan Mahatirta, pemerhati gunung Sinabung, dilanjutkan suguhan pemutaran slide foto PPBS selama kegiatan misi kemanusiaan  pasca erupsi gunung sinabung di videotron, untuk dinikmati dan  ditonton para tamu undangan.

Turut hadir dalam acara ini ketua kehormatan Abadi Guang lien, Bapak Yusuf Hamdanu, penasehat PPBS Irjen Pol (purn) Sadar Sebayang, Brigjen Pol Ricky Wakano Ginting, Yukwen Wayong Ketua Moderamen GBKP Pdt. Agustinus Purba, MTh, Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana, Kadis Pendidikan Kabupaten Karo Eddi Surianta Surbakti, Camat Berastagi Mirton Ketaren, warga Tionghoa Berastagi, Tebing Tinggi, Siantar, Padang Sidempuan, Binjai, Medan, dan warga Negeri Cina.(amr/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini