SUMUT

NASIONAL

Vihara Dharma Shanti Diresmikan Bupati DS

Sabtu, 12 Oktober 2019 | 19.02 WIB
Kali Dibaca |


Lb Pakam, metrokampung.com
Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan meresmikan Vihara Dharma Shanti di Jl.Setia Budi Pasar Nol Lubuk Pakam, Sabtu (12/10/2019). Dalam kesempatan tersebut, Ashari Tambunan mendorong tempat ibadah untuk bisa menjadi tempat multiguna bagi kepentingan masyarakat.

"Saya senang mendengar vihara ini tak sekadar jadi tempat ibadah. Namun juga dimanfaatkan untuk, bisa menjadi tempat multiguna bagi kepentingan masyarakat dari dalam daerah maupun luar daerah," ujar Ashari Tambunan.

Mengingat visi misi Kabupaten Deliserdang, Bupati Ashari Tambunan mengatakan bahwa yang melatarbelakangi mengapa pembangunan bidang keagamaan menjadi hal utama.



"Karenanya pembangunan bidang keagamaan adalah unsur penting, dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya umat sebagai insan-insan pembangunan," papar Ashari.

Lanjut Ashari,  pada peresmian Vihara Dharma Shanti ini merupakan sebagai bagian dalam rangka pembinaan umat, "Karena kita sama mengetahui, bahwa vihara adalah tempat untuk bersujud, beribadah, membaca doa suci, pembabaran buddha dharma dan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan," ujar bupati seraya menegaskan bahwa hari ini kita bersyukur dan berbahagia, atas diresmikannya vihara dharma shanti Lubukpakam ini.

"Keberadaan vihara ini, akan menambah jumlah sarana dan prasarana peribadatan di daerah ini, yang nantinya dapat dimanfaatkan, untuk lebih meningkatkan koordinasi dan konsolidasi pembinaan umat melalui program dan kegiatan yang dapat dirasakan langsung oleh seluruh umat buddha yang ada di tempat in," harap Ashari Tambunan.

Selaku ketua panitia pelaksana Sudjadi Sujitno pada laporanya menyampaikan bahwa Vihara Dharma Shanti sebenarnya telah hadir ditengah masyarakat kota Lubuk Pakam sejak 12 tahun lalu dengan bangunan yang hanya berupa 2 unit ruko.seiring dengan berjalan nya waktu vihara tersebut telah memiliki ratusan umat buddha baik yang berasal daerah kota Medan , Deli Serdang , Serdang Bedagai , Galang , Perbaungan , Batu Lapan , dan sekitarnya dengan semakin bertambahnya umat buddha serta keterbatasan ruang ibadah dan maupun lahan parkir .


Vihara tersebut di bangun pada Tahun 2015 , dalam kurun waktu kurang lebih 4 tahun telah siap rampung.

"Kita berharap vihara tersebut dapat berpungsi untuk membina dan membentuk moralitas yang baik serta meningkatkan keperdulian sosial kepada masyarakat yang lebih membutuhkan bantuan uluran tangan kita tanpa membedakan-bedakanya," ujar Sudjadi sujitno.

Acara peresmian tersebut juga dihadiri Dewan Bimas Buddha Caliadi SH MH , Kapolres Deli Serdang AKBP Eddy Suryanta Tarigan , Pebimas Buddha Sumut Budi Sulistiyo S.Ag , M.Pd , FKUB , serta pimpinan OPD Deli Serdang. (dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru