SUMUT

NASIONAL

Bupati Ashari Tambunan Ajak Guru Rajin Berinovasi

Jumat, 29 November 2019 | 08.14 WIB
Kali Dibaca |


Lb Pakam, metrokampung.com
Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menghadiri peringatan Hari Guru dan HUT PGRI ( Persatuan Guru Republik Indonesia ) ke 74 Tingkat Kabupaten Deli Serdang bertemakan “Peran Strategis Guru Dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul “dirangkai dengan penyerahan  hadiah lomba gerak jalan yang diikuti para guru,dan dihibur penampilan  anak-anak SD  menyayikan Himne Guru dan terimakasih Guruku yang membuat suasana menjadi haru. di Balairung Pemkab Deli Serdang, Rabu (27/11/2019).

Bupati H  Ashari Tambunan  yang hadir bersama Kajari Deli Serdang Harli Siregar SH,  Dandim 0204 DS Letkol Syamsul Arifin,Anggota DPRD Deli Serdang Hj Sa'ada lubis, Ketua PGRI Deli Serdang Drs.Idris,M.Pd, Asisten III Setdakab Dedi Maswardy S.Sos Kadis Pendidikan H Timur Tumanggor dan pimpinan  OPD terkait lainnya,para Camat , Dalam kesempatan itu mengatakan bahwa  guru memiliki peran yang amat mulia dan strategis khususnya di dalam mendidik , mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi setiap peserta didik pada semua jenjang pendidikan. Inilah yang memposisikan guru memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan di dalam mempersiapkan pengembangan potensi bagi generasi masa depan.



Undang - undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru, menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama, mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada semua jenjang pendidikan. Profesi  ini, sangat lekat dengan integritas dan kepribadian seorang guru.

  "Guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik semata, akan tetapi lebih dari itu, sebagai pendidik,  guru juga menanamkan nilai - nilai dasar pengembangan  karakter peserta didik dalam kehidupannya. Dengan demikian, guru memiliki peran yang sangat menentukan terhadap  keberhasilan  pendidikan,"ucap Ashari.

Oleh karena itu, lanjutnya,  guru dituntut harus mempersiapkan dirinya, dengan tidak berhenti belajar, berinovasi, melakukan penelitian, mempersiapkan mental serta meningkatkan profesionalismenya, sebagai prasyarat utama untuk  mewujudkan pendidikan yang berkualitas serta antisipasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat.


Bupati Ashari Tambunan juga menyampaikan terima kasih kepada bapak ibu para guru, atas berbagai penghargaan dan prestasi yang berhasil kita raih. Baru baru ini, kita mendapatkan anugerah kihajar tahun 2019, apresiasi sekolah sahabat keluarga duta rumah belajar provinsi sumatera utara, medali emas dan medali perak pada turnamen karate internasional 4th edition of international karate open of province de liege, penghargaan terhadap inovasi opung sari basah bang, peluncuran program mesra bertuah secara nasional  dan berbagai prestasi serta penghargaan lainnya.  kesemua prestasi dan penghargaan yang telah diraih ini, adalah buah dari hasil kerja keras bapak ibu guru sekalian, yang harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi kedepannya.

 "Saya juga menyampaikan apresiasi kepada para guru non pns di sekolah negeri, guru mda, guru daerah terpencil,  guru paud, guru non sertifikasi, atas pengabdian  yang telah diberikan selama ini. Dan sebagai wujud apresiasi tersebut, pada tahun 2020, akan diberikan  bantuan insentif kepada guru mda dan guru paud, penghasilan tambahan kepada guru non pns di sekolah negeri dan guru non sertifikasi, serta bantuan kualifikasi S1 bagi guru paud. Berharap, dengan perbaikan tambahan penghasilan, pemberian insentif dan bantuan kualifikasi s1 ini, dapat memotivasi, menyemangati serta meningkatkan kesejahteraan para guru tersebut."pungkas Ashari Tambunan.

Di sela-sela kegiatan ini  Ketua Panitia PGRI Deli Serdang Jumakir, M.Pd menjelaskan  kegiatan yang dilakukan  pada Hari Guru Nasional dan HUT  ke 74 PGRI Kab.Deli Serdang, yaitu : Bimbingan tehnis satu guru satu buku ( Sagu Sabu) yang telah diselenggarakan dari tanggal 21 s/d 22 November 2019 bekerja sama dengan ikatan penilik TK Su, dalam memberikan pemahaman tentang perlindungan hukum profesi guru, melaksanakan seminar pada tanggal 26 November 2019 dengan narasumber dari aparat penegak hukum (POLRI), memberikan pemahaman tentang pencegahan paham radikalisme untuk memperkokoh kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam rangka meningkatkan keterampilan bela negara dan disiplin telah dilaksanakan lomba gerak jalan beregu bagi guru-guru, kepala sekolah dan pengawas PAUD, SD/RA, SMP/MTS, SMA/SMK.

Sebagai puncak acara dari rangkaian kegiatan HUT PGRI ke 74 dan HGN tahun  2019 kabupaten Deli Serdang memberikan apresiasi kepada guru-guru, kepala sekolah, pengawas sekolah berprestasi, berdedikasi, kreatif, inovatif dan inspiratif dari tingkat PAUD, SD,dan SMP.

  "Pemberian beasiswa sebagai bentuk apresiasi kepada ananda Dhijei lecsie siswa SD No.101770 Tembung kecamatan Percut  seituan atas prestasi yang diraih sebagai juara I Karate tingkat Usia SD di Belgia Tahun 2019, serta bersyukur atas diterimanya Penghargaan Anugrah KIHAJAR tahun 2019 dari Kemendikbud RI,"papar Jumakir MPd.

“Dengan semangat kerja keras, kerja cerdas, kerja iklas, dan kerja tuntas kita wujudkan visi Kabupaten Deli Serdang  yang maju, berdaya saing, dengan masyarakatnya yang religius, rukun dalam kebhinekaan”pungkasnya.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru