SUMUT

NASIONAL

Bupati Labuhanbatu : Karang Taruna Merupakan Salah Satu Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial

Kamis, 28 November 2019 | 19.44 WIB
Kali Dibaca |


Rantauprapat, metrokampung.com
Karang Taruna merupakan salah satu potensi dan sumber kesejahteraan sosial (PSKS) yang diamanahkan pemerintah untuk ikut berperan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan Permensos RI No. 13 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Karang Taruna yang menyatakan bahwa Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggungjawab sosial diri, oleh dan untuk masyarakat, terutama generasi muda diwilayah desa atau kelurahan terutama untuk bergerak dibidang penyelengaraan kesejahteraan sosial.

Demikian disebutkan Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum H. Amru, SE, Kamis (28/11/2019) pada saat membuka Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Kerja Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu Tahun Anggaran 2020 di Ruang Rapat Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu.

Dalam kesempatan itu Bupati Labuhanbatu berharap kepada para pembina Teknis Karang Taruna dalam hal ini para Organisasi Perangkat daerah (OPD) terkait agar dapat bekerjasama dan sama-sama bekerja dengan Karang Taruna dari Tingkat Kabupaten sampai ke Desa dan Kelurahan.

Bupati juga berharap nantinya program/kegiatan yang telah sinkron dengan OPD terkait supaya benar-benar dilaksanakan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Untuk itu kiranya didalam rapat ini supaya para OPD memberikan penjelasan dan masukan tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan dan untuk ditindaklanjuti oleh para Pengurus Karang Taruna.

“Saya berharap agar rumusan atau kesimpulan dari rapat ini dapat disampaikan kepada Bupati Labuhanbatu dengan maksud apabila nantinya diperlukan akan dilaksanakan pembahasan lebih lanjut dan lebih teknis dengan para OPD terkait dan pemangku kepentingan lainnya,” kata Bupati Labuhanbatu dalam pidato tertulisnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu H Pendy Harahap, SP dalam laporannya menyampaikan, Rapat koordinasi dan Sinkronisasi Program/Kegiatan Karang taruna Tahun Anggaran 2020 ini dilaksanakan setelah berkoordinasi dengan Karang taruna Kabupaten dan berdasarkan rapat-rapat sebelumnya yang telah merumuskan rencana Karang taruna Kabupaten Labuhanbatu untuk Tahun 2020, oleh sebab itu maka pada rapat kali ini melibatkan para OPD terkait yang secara regulasi juga merupakan Pembina Teknis Kabupaten.

Pendy menambahkan, Rapat Koordinasi ini diikuti langsung oleh para Kepala OPD serta yang mewakili, sedangkan peserta rapat adalah para Ketua, Sekretaris dan Bendahara Karang Taruna Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu serta para Pengurus Karang taruna Kabupaten Labuhanbatu.

Sementara, Ketua Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu Aswin Syahputra, S.Kep, Ners, MKM menyebutkan dalam rapat inilah Karang Taruna Kabupaten akan memaparkan rencana kerja tahun 2020 kepada para Pembina Teknis Karang taruna dan para Pemangku Kepentingan lainnya. Paparannya adalah merupakan hasil kesimpulan yang telah dirangkum dari seluruh Desa/Kelurahan dan Kecamatan yang telah dilaksanakan sebelum-sebelumnya dan yang terakhir finalisasinya pada Rakor Karang taruna Kabupaten Labuhanbatu tanggal 4 November 2019 lalu.

Dari hasil paparan Rencana Kerja Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2020 yang disampaikan Wakil Sekretaris Karang taruna Kabupaten Labuhanbatu Yaarham, SH, terlihat bahwa Program kerja Karang taruna Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2020 akan melibatkan instansi terkait dan steakholder lainnya.

Dari pantau di ruang rapat itu bahwa paparan program kerja Karang taruna Kabupaten Labuhanbatu mendapat dukungan dari seluruh OPD yang hadir dan secara umum memberikan masukan agar melengkapi dokumen maupun administrasi yang diperlukan, bahkan rapat koordinasi dan sinkronisasi Program Kerja Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu tahun 2020 ini dapat terlaksana dan berjalan dengan baik.(Oen/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru