SUMUT

NASIONAL

Pelatihan Kelompok Tani Desa Silangkitang dan Desa Sigurung-gurung

Selasa, 12 November 2019 | 16.14 WIB
Kali Dibaca |


Taput, Metrokampung.com
Pelatihan kelompok tani ( Poktan ) yang diadakan bersamaan di Desa Silangkitang dan Desa Sigurung-gurung Kecamatan Pahae Jae Tapanuli Utara, selasa (11/11/2019).

Dihadiri PPL Desa, Kepala Desa, Tim Pembina yang di pimpin oleh Softia Simanjuntak lulusan sarjana pertanian, disambut antusias oleh puluhan warga dari dua desa terkait.

Pelatihan kelompok tani tersebut di Dana i dari Anggaran Dana Desa tahun 2019 Pemberdayaan Masyarakat pelatihan Poktan sebesar Rp 17.402.000; dari masing-masing Dua desa.




Angaran tersebut digunakan membelanjakan 1 unit mesin penggiling pakan/desa sebesar Rp 8.500.000; dan biaya memfasilitasi acara pelatihan serta biaya konsumsi peserta pelatihan.

Softia Simanjuntak ketua pembina cukup lihai memerangkan dan mempraktekkan proses penggilingan pakan ternak dan pembuatan pupuk kompos dan cukup di pahami oleh peserta yang hadir.

Semua daun-daunan bisa di gunakan kecuali daun Pinus dan pengolahannya cukup praktis sampai pakan jadi (Vidio tercantum).

Kriston Sinaga Kepala Desa Silangkitang yang hadir sedikit terlambat dalam acara tersebut, cukup paham menjelaskan tujuan pelatihan tersebut dan dengan lugas menjawab setiap pertanyaan dari warga.



Beliau berharap kegiatan ini berjalan dengan baik kedepan sampai titik maksimalkan demi kesejahteraan warga desa.

Tahun depan Poktan bisa meminta mesin penggiling beserta bibit ternak dari Anggaran dana Desa yang dapat diajukan dalam rapat Musrembang desa masing-masing.

Dana tersebut harus diolah dan digunakan dengan terbuka, trasfaran untuk umum sebab itu uang kita, uang desa, uang masyarakat desa ucap beliau dalam pemaparan dan kata sambutanya.

Berbanding terbalik dengan kepala Desa Sigurung-gurung yang gagap saat memberikan penjelasan dan menjawab pertanyaan dari masyarakat desanya.
Sepertinya beliau kurang memahami tujuan dari kegiatan tersebut.

Proses pelatihan berjalan lancar di kendalikan oleh Kepdes silangkitang Kriston Sinaga sampai acara selesai.(Jufri/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru