Sosialisasi 4 Pilar MPR- RI, drh.Jhoni Allen Marbun, MM Ingatkan Pentingnya Kebhinekaan

Editor: metrokampung.com
drh.Jhoni Allen Marbun, MM Ingatkan Pentingnya Kebhinekaan.

Samosir, metrokampung.com
Perbedaan pendapat dalam Negara demokrasi adalah hal yang lumrah, sebab tanpa keragaman pendapat demokrasi akan hilang. Demikian ditegaskan Anggota MPR RI, drh. Jhoni Allen Marbun. MM, dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI , di Aula Hotel Sitio tio Aek Rangat Pangururan, Kab.Samosir, Kamis (28/11/2019).

Ratusan warga dan tokoh-tokoh masyarakat setempat ikuti sosialisasi. Dalam paparannya, Anggota DPR RI 4 periode ini menekankan pentingnya kedewasaan/kematangan berdemokrasi baik dari kalangan bawah sampai pimpinan yang lebih tinggi.

Dalam paparannya, Jhoni Allen Marbun menjelaskan bahwa MPR terdiri atas anggota DPR dan anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum. MPR merupakan Lembaga Permusyawaratan Rakyat yang berkedudukan sebagai Lembaga Negara. “Masyarakat harus memahami tugas-tugas MPR ,DPD dan DPR,” katanya.

Menurutnya, masyarakat Samosir Sangat Cinta NKRI, walaupun demikian masyarakat perlu diingatkan dan empat pilar harus terus digelorakan terhadap semua kalangan. Mulai dari tokoh masyarakat hingga generasi muda.

Kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI mempunyai tujuan di antaranya, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan Ketetapan MPR. Serta, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Lanjut Jhoni Allen, "bahwa jumlah pengguna Media Sosial di Indonesia dan khususnya di kabupaten samosir sangat tinggi. Saat ini jumlahnya tiap tahun bertambah,"paparnya

Namun sayang, tingginya tingkat penggunaan media sosial di Indonesia juga dibarengi dengan tingkat kejahatan yang terjadi melalui media sosial, seperti penipuan, pemerasan, pencemaran nama baik, dan banyak lagi kejahatan lainnya. Selain itu saat ini gesekan dan debat panas di media sosial yang berujung kebencian sudah menjadi hal yang sering terjadi.

Nah, agar masyarakat dapat menjadi pengguna media sosial yang cerdas, terhindar dari kejahatan digital lewat media sosial dan memiliki kehidupan lebih positif di media sosial, Oleh karena itu , "Pintarlah menggunakan media sosial jangan mudah menshare dan selalu cek kebenaran berita tersebut, "ujar Jhoni Allen.

Jhoni Allen juga Menyinggung tentang Program bedah rumah, Dikatakannya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI) terus berupaya mengurangi jumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Indonesia. Diantaranya melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal sebagai bedah rumah.

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang biasa disebut bedah rumah yang disalurkan oleh pemerintah di Kabupaten Samosir merupakan hasil perjuangan Anggota Komisi V DPR-RI (Pusat) disitu ada saya yang merupakan mitra kerja dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR-RI).

"Program BSPS ini ada setiap tahun dan ditampung dalam APBN dimana kuota dan pendistribusiannya merupakan hak aspirasi Anggota Komisi V DPR RI yang bisa ditempatkan dimana saja di Daerah Pemilihannya masing-masing," beber Jhoni Allen.

Lanjutnya, Pada Tahun Anggaran 2019, Kabupaten Samosir mendapat prioritas karena merupakan tempat kelahiran Saya dengan alokasi 1.233 unit, yang terdistribusi di 8 Kecamatan dan 48 desa dan Pada Tahun 2020 Saya akan terus mengupayakan Kabupaten Samosir mendapat kuata/jumlah bedah rumah lebih banyak,"pungkasnya

Semoga program ini dapat membantu masyarakat Kabupaten Samosir untuk mewujudkan Samosir Mantap, Beradab, Berbudaya dan Bertanggung jawab.

DPRD Samosir terpilih, Periode 2019 -2024 Rusel Baringin Sihotang menyampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada seluruh undangan dan pihak-pihak yang mendukung terlaksananya sosialisasi ini, karena dukungan semua pihak sangat kami butuhkan dan ini telah terbukti dengan hadirnya ratusan masyarakat.

"Rasa hormat dan terimakasih juga disampaikannya kepada Jhonni Allen marbun, berkat perjuangan dan kegigihan beliau untuk memperhatikan masyarakat samosir melalui program kerja nyatanya telah masyarakat rasakan," beber Baringan.(Ton's/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini