Bupati Labuhanbatu : Untuk Menunjang Kinerja Aparatur, Diskominfo Telah Menyiapkan Aplikasi E-Brombang

Editor: metrokampung.com

Rantauprapat, metrokampung.com
Dibulan Desember ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu telah menyiapkan salah satu inovasi berupa Aplikasi E-Brombang. Aplikasi ini merupakan singkatan dari berita dan opini yang berimbang, dimana Aplikasi ini merupakan salah satu upaya untuk menunjang kinerja aparatur dalam pelayanan informasi dan komunikasi publik dengan media yang melakukan peliputan terhadap kegiatan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu.

Demikian antara lain dikatakan Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Labuhanbatu H. Muhammad Ihsan Harahap, ST pada upacara apel gabungan kelompok I dan II Dilingkungan Pemkab Labuhanbatu, Senin (9/12/2019) di Halaman Kantor Bupati Labuhanbatu.

Disisi lain Bupati menyebutkan, dalam rangka menciptakan reformasi birokrasi, dimana tujuannya adalah menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik, berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara serta upaya untuk mencapai Good Governance tentunya kita harus komitmen melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan.

Sejalan dengan hal tersebut, beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 15 November 2019 Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu telah meluncurkan ataupun lounching Aplikasi Sistem Surat Masuk dan Surat Keluar (Sisumaker) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

Menutnya, Aplikasi ini merupakan hasil kesepakatan kerjasama Pemerintah Kota Tanggerang dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu tentang kerjasama pembangunan daerah antara Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanggerang dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu tentang Aplikasi Replikasi Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar (Sisumaker).

Aplikasi ini dibuat untuk pengelolaan seluruh persuratan berbasis elektronik dan sangat berguna dalam rangka mendukung peningkatan kinerja, implementasi E-Government, penyelenggaraan administrasi ke tata usahaan yang tertib, efektif, efisien dan aman yang memerlukan kecepatan dan keterpaduan antar unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

Dengan diterapkannya Aplikasi Sisumaker ini maka konsep surat yang semula dicetak pada kertas dapat dilakukan secara elektronik melalui aplikasi dan dapat langsung dilakukan perbaikan oleh pihak atau pejabat yang akan memberikan persetujuan. Kemudian surat yang semula dilakukan secara konvensional yang ditandatangani dan distempel pada hardcopy, cukup disetujui pada aplikasi dan akan dihasilkan tandatangan berupa digital signature. Pihak yang terlibat dalam pembuatan surat akan terdeteksi dan terekam dalam aplikasi mulai dari pelaksanaan sampai pihak terakhir yang memberikan persetujuan, jelas Bupati melalui Kadis Kominfo Labuhanbatu.

Upacara Apel Gabungan Kelompok I dan II Dilingkungan Pemkab Labuhanbatu ini turut dihadiri sejumlah Kepala OPD, para Pejabat Eselon III dan IV serta para staf yang diawali dengan Pembacaan Teks Pancasila oleh inspektur upacara, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945 dan Panca Prasetya Korpri oleh dua orang ASN yang diakhiri dengan pembacaan doa dan bersalam-salaman.(Oen/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini