SUMUT

NASIONAL

Natal Oikumene di Tobasa, Bawakan Thema 'Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang'

Minggu, 29 Desember 2019 | 19.08 WIB
Kali Dibaca |


Tobasa, metrokampung.com
Perayaan Natal Oikumene Kabupaten Tobasa, Provinsi Sumut tahun 2019, berlangsung cukup meriah. Seluruh jemaat antusias bertepuk tangan sembari menyanyikan lagu rohani di saat ibadah berlangsung, Minggu (29/12/2019).

Diiringi oleh penyanyi diatas panggung Vionita Sihombing membawakan lagu 'Oh Holynight' menambah semarak ibadah Natal semakin sempurna.

Seluruh jemaat tampak mengikuti alunan lagu rohani yang sangat menusuk aura natal lahirnya sang Kristus di Betlehem yang dipimpin oleh MC Tulus Hutabarat.


"Angkat tangannya yang diberkati Tuhan,  katakan Amen," ujar MC saat memimpin lagu, minggu (29/12/2019) di Lapangan  Sisinga Mangaraja Balige Kabuparan Tobasa Sumut.

Pantauan metrokampung, seluruh cahaya yang menyinari lapanganpun mendadak dipadamkan. Lilin yang dipegang oleh jemaat menjadi sinar di tempat tersebut sembari menyanyikan lagu Malam Kudus.

Pengkotbah, Pendeta Dr Bonar Napitupulu  M.Th, menyampaikan firman yang diambil dari Yohanes 15 :14-15. Yakni, kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Kamu adalah sahabat-sahabat-Ku jika kamu melakukan apa yang Kuperintahkan kepadamu. Kamu inilah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat barang yang Aku pesankan kepada kamu.

"Natal adalah dimana Yesus lahir. Sebenarnya lahir itu adalah penderitaan namun kita bersukacita. Penderitaan itu dialami dari kelahiran-Nya menjadi manusia. Dia masuk ke akal budi manusia. Karena Dia harus lahir di kandang domba. Disini adakah yang lahir dikandang domba?," ujar Pendeta Bonar.

Ia menegaskan memahami konteks Firman Tuhan hari ini, Firman harus menjadi daging. Dilakukan dengan sebuah pengorbanan.

"Allah yang berkuasa di surga bersedia turun menjadi manusia. Yang segambar dengan Allah inilah yang dirusak oleh dosa," katanya.

Dalam penyampaian Firman, Pendeta Bonar tampak konsisten berkotbah  dengan jemaat, bahkan, kotbah yang sangat formil sehingga membuat jemaat terkesima.

"Terimalah Yesus lahir dihatimu supaya engkau ditangkap-Nya. Berdasarkan kasih-Nya yang agung. Tuhan Yesus juga menginginkan murid-muridnya menjadi sahabat-Nya bukan menjadi hamba-Nya," katanya mengkhiri.

Hadir pada kesempatan itu, OPD Kabupaten Tobasa,  Forkopimda Tobasa,  yakni Bupati Tobasa beserta Wakil Bupati Tobasa,  Dandim Taput, Kapolres Tobasa di wakili Kabag Ops Polres Tobasa,  Kejari Tobasa, Ketua Pengadilan Negeri Balige dan lainya. (e/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru