SUMUT

NASIONAL

Bupati Humbahas Lantik 7 Pejabat Eselon II Jam 7 Malam

Kamis, 02 Januari 2020 | 20.03 WIB
Kali Dibaca |

Undangan pelantikan dan Para pejabat (pakaian jas) yang akan dilantik terlihat duduk di badan trotoar sambil menunggu.

Humbahas, Metrokampung.com
Mendekati akhir pergantian tahun, tepat nya Senin tanggal 30 Desember 2019, Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor,SE melantik 7 (tujuh) Pejabat esselon II di lingkungan pemerintahan yang dipimpinnya. Kegiatan pelantikan yang bertempat di Pendopo Kantor Bupati ini, molor sampai 5 jam lebih, hingga terlaksana pada pukul 19:15 WIB atau sekitar jam 7 malam lewat.

Berdasarkan undangan yang tersebar, tertera bahwa kegiatan kenegaraan itu seyogiaya dimulai pada pukul 14:00 WIB atau jam 2 sore, dan para ASN yang akan dilantik beserta keluarga diminta hadir tepat waktu. Amatan awak media, undangan tersebut ditanda-tangani langsung oleh Pimpinan tertinggi ASN, yaitu Sekda Humbahas, Drs. Tonny Sihombing,M.IP.

Pantauan media dilokasi, para pejabat yang akan dilantik beserta keluarga sempat terkesan terlantar berjam-jam lamanya di halaman parkiran. Tampak raut murung dan jenuh di wajah-wajah para undangan yang turut menghadiri acara pelantikan tersebut, salah satunya rohaniawan kantor departemen agama.

Johan Siahaan, rohaniawan katolik mengaku kesal dan kecewa dengan molor nya jadwal pelaksanaan pelantikan dimaksud. Dirinya berpendapat bahwa sepertinya panitia kegiatan tidak memiliki persiapan yang baik, serta terkesan main-main.

“Saya selaku rohaniawan katolik dari kementerian agama sangat kecewa. Di dalam undangan dikatakan jam 2 sore, ini sekarang sudah jam 6 lewat 15 sore juga belum dilaksanakan pelantikan. Seharusnya bila ada kendala tentu dapat di informasikan ke kita, tidak seperti ini sudah 4 jam lebih kita menunggu. Kesan nya saya lihat kurang persiapan yang matang, bermain-main,” katanya.

Kedepan Ia berharap, agar hal-hal yang seperti itu tidak terulang kembali. Sebab perlu difahami bahwa kegiatan pelantikan adalah bagian dari kegiatan kenegaraan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Drs. Tonny Sihombing,M.IP yang dicoba dikonfirmasi awak media via WhatsApp terkait alasan dan penyebab molor nya proses pelantikan yang sebelumnya sudah diagendakan, belum berkenan menjawab hingga berita ini diturunkan ke meja redaksi.

Kepala dinas komunikasi dan informasi, Drs. Hotman Hutasoit yang berhasil dikonfirmasi media Kamis,(2/1/2020) mengatakan bahwa molor nya waktu pelaksanaan pelantikan tersebut disebabkan oleh padat nya jadwal Bupati, mulai melantik anggota BPD hingga menyambut kunjungan rombongan Irjend. Kementerian Pertanian yang dipimpin oleh Justan Riduan Siahaan.

Hotman berpendapat bahwa bilapun pelantikan tersebut dilaksanakan sore menjelang malam, semata-mata untuk mendapatkan suasana yang sejuk.

Menanggapi hal itu, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) melalui seksi penyelidikan pelanggaran ASN, Yusuf kepada wartawan mengaku bahwa kondisi molor nya waktu pelantikan tersebut tidak begitu mempengaruhi etika birokrasi. Sebab menurut nya, pelantikan tidak diatur spesifik dalam regulasi. “ intinya prosedur administrasi locus regulasi,” katanya.

Ketujuh pejabat yang dilantik yakni, Sabar Hasiholan Purba,SH,MM sebagai Staf ahli bidang pemerintahan, hukum dan Politik, Sabar Lampos Purba,ST menjadi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Drs. Jonny Gultom sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Edy Hasiholan Sinaga,M.Si, menjadi Kepala Satuan Pol PP, Dra. Christina Clara Eveline sebagai Kepala Dinas pengendalian penduduk dan KB, drg. Hasudungan Silaban,M.Kes menjadi Kepala Dinas Kesehatan. Dan terakhir Jara Trisepto Lumban Toruan sebagai Kepala Dinas Catatan Sipil. (FT/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru