SUMUT

NASIONAL

Melalui Visi 'Bersatu Labuhanbatu Maju' H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT Laksanakan 14 Program Peduli Keummatan

Selasa, 14 Januari 2020 | 08.16 WIB
Kali Dibaca |


Rantauprapat, metrokampung.com
Melalui Visi “Bersatu Labuhanbatu Maju” H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT selaku Bupati Labuhanbatu akan terus berbuat dan berinonovasi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dan pembangunan Kabupaten Labuhanbatu kearah yang lebih baik, untuk itu ia berharap seluruh lapisan masyarakat dapat bersatu agar Labuhanbatu lebih maju.

Terkait dengan visi tersebut, sebagai Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT saat ini sudah mempunyai dan melaksanakan 14 Program Peduli Keummatan tanpa mengesampingkan berbagai program pembangunan lainnya.

Khusus 14 Program Peduli Keummatan tersebut, yang pertama, Pemberian Beasiswa S1 Ke Universitas Al Azhar Mesir & Timur Tengah. Pemberian Beasiswa ini adalah sebagai upaya kaderisasi ulama, maka Beasiswa diberikan penuh mulai dari keberangkatan sampai selesai S1. Untuk Tahun 2018 ada 5 orang dan Tahun 2019 sebanyak 6 orang dan akan terus ditingkatkan.

Kemudian, Pemberian Honor Intensif Guru MDTA, dengan tujuan untuk memberikan semangat kepada para Guru MDTA guna menanamkan nilai-nilai islam sejak dini kepada anak didik agar generasi islam kedepan mempunyai akhlak mulia dan terhindar dari perbuatan tercela, maka 650 Guru MDTA diberikan honor Rp.750.000/bulan.

Selanjutnya, Pemberian Beasiswa kepada Mahasiswa Berprestasi dan Kurang Mampu, program ini tujuannya adalah untuk Meningkatkan SDM para Putra/Putri anak daerah Labuhanbatu dalam menuntut ilmu di Perguruan Tinggi, peningkatan SDM adalah kunci kemajuan Labuhanbatu, maka ada sekitar 1500 orang mahasiswa berprestasi dan kurang mampu diberikan bantuan pendidikan agar tetap dapat melanjutkan pendidikan strata.

Untuk program yang keempat, Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT memberikan Hadiah Umroh Gratis  yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada qori dan hafidz, maka pemenang MTQ Tingkat Kabupaten diberikan hadiah umroh gratis. Begitu juga dengan prestasi lainnya, guna mendorong peningkatan prestasi di berbagai bidang, terutama dibidang keagamaan.

Sedangkan Program yang kelima yaitu Bantuan Untuk Pondok Pesantren. Bantuan ini adalah bantuan dana hibah dari APBD Kabupaten Labuhanbatu, dimana sama kita ketahui bahwa Pesantren adalah lembaga pendidikan islam tertua yang telah terbukti melahirkan alumni berprestasi, demi meningkatkan alumni pesantren. Maka pemerintah memberikan bantuan dana hibah sebesar Rp.100.000.000,-/pesantren.

Peduli Panti Asuhan adalah merupakan program peduli keummatan yang keenam, program ini sangat membantu para pengelola Panti Asuhan, karena sama kita ketahui bahwa anak yatim merupakan tanggung jawab kita bersama yang diamanahkan Rasulullah SAW kepada kaum muslimin. Maka pemerintah memberikan bantuan dana hibah sebesar Rp.50.000.000,-/Panti Asuhan untuk kelangsungan hidup dan pendidikan anak yatim yang berada di Panti Asuhan tersebut.

Sebagai Kepala Daerah tentu Andi Suhaimi menginginkan masyarakatnya yang beragama islam dalam melaksanakan ibadah bisa benar-benar terarah, untuk itulah pada program yang ketujuh yaitu Program Pembinaan Imam, Khatib dan Da’i.  Dimana kualitas Imam shalat di Masjid menjadi perhatian penting kita, mengingat sah tidaknya shalat kita tergantung kualitas bacaan Imam. Maka Imam, Khatib dan Da’i terus dibina sehingga benar-benar menjadi penyejuk ditengah-tengah ummat.

Damai dan berkahnya Labuhanbatu ketika Al Qur’an senantiasa di kumandangkan di rumah dan di masjid kita, maka pemerintah memberikan perhatian khusus kepada para penjaga masjid yang juga merupakan guru mengaji, agar anak-anak kita dekat dengan Allah dan jauh dari Narkoba serta perbuatan tercela lainnya, hal tersebut tertuang dalam programnya yang kedelapan yaitu, Pemberian Intensif Guru Ngaji & Bilal Mayit.

Memeriahkan Hari Besar Islam yang dikemas dalam program peduli keummatan yang kesembilan ini tidak terlepas dari perhatiannya, demi tegaknya syiar islam di Kabupaten Labuhanbatu, maka pemerintah berkomitmen untuk melaksanakan Peringatan Hari Besar Islam dengan semeriah mungkin serta menghadirkan ustadz kondang untuk memberikan pencerahan.

Sebagai Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi tidak ingin berdiam diri hanya untuk menerima laporan dari bawahannya tentang keluhan dan keinginan serta kebutuhan masyarakatnya, akan tetapi secara marathon setiap hari Jum’at ia turun langsung melaksanakan sholat Jum’at berjamaah dari masjid yang satu ke masjid yang lain untuk bersilaturrahmi sekaligus mendengarkan langsung masukan dan keluhan warga masyarakatnya tentang pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu. Kegiatan yang rutin dilaksanakannya setiap hari jum’at bersama sejumlah Kepala OPD ini tertuang dalam program yang kesepuluh yaitu Program Jum’at Keliling.

Pada Program yang kesebelas yaitu Peduli Yatim & Fakir Miskin serta Peningkatan Ekonomi Kerakyatan, dilaksanakan melalui zakat profesi ASN dilingkungan Pemkab Labuhanbatu yang di kelola BAZNAS Labuhanbatu, dalam hal ini pemerintah berkomitmen untuk mensejahterakan anak yatim, fakir miskin, bukan hanya dengan santunan tunai tetapi juga dengan modal usaha untuk peningkatan kesejahteraan mereka.

Membangun & Memakmurkan Masjid yang tertera pada program yang kedua belas disebutkan bahwa Masjid merupakan rumah Allah SWT yang sangat penting  perannya dalam kehidupan ummat, selain untuk beribadah rutin setiap hari juga untuk kegiatan sosial lainnya, maka Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT mengajak ummat untuk berwakaf 1 rante tanah untuk dibangun Musholla yang merupakan cikal bakal Masjid nantinya kedepan.

Ketika pandangan jauh kedepan, maka munculah ide-ide cemerlang dan berilian yang bermanfaat banyak bagi orang lain yang sudah berkeluarga atau berumah tangga, dengan ide yang digagas Bupati Labuhanbatu ini dapat mempermudah berbagai urusan warga masyarakatnya, baik itu untuk pembuatan Pasport, Kartu Keluarga dan lain-lain. Ide cemerlang ini tertuang dalam program yang ketiga belas yaitu Program Isbat Nikah yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bekerja sama dengan Pengadilan Agama Rantauprapat serta Kementerian Agama Labuhanbatu dalam melaksanakan pelayanan terpadu sidang isbat nikah sehingga warga masyarakat yang sudah berkeluarga mempunyai buku nikah yang resmi dari pemerintah.

Kemudian, Andi Suhaimi Dalimunthe pada program yang keempat belas yaitu Gerakan Labuhanbatu Menghafal Al Qur’an. Program ini adalah gerakan keummatan yang merupakan komitmen agar Labuhanbatu semakin berkah kedepannya karena akan banyak lahir penghafal dan pengamal Al Qur’an di Labuhanbatu. Semoga..!!(Oen/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru