SUMUT

NASIONAL

Pasca Bencana Alam Di Tapanuli, DPD Walantara Karo Bersama SatGas Pramuka Galang Donasi

Minggu, 02 Februari 2020 | 12.08 WIB
Kali Dibaca |

DPD Walantara Kabupaten Karo bersama Satgas Pramuka Peduli Karo gelar aksi penggalangan dana bencana di beberapa titik di kota Kabanjahe dan Berastagi.

Karo-Metrokampung.com
Banjir yang dipicu oleh  intensitas hujan tinggi yang  merendam tujuh desa atau kelurahan di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Rabu (29/1/2020) dini hari pukul 01.00 WIB. Dimana akibat Banjir dengan tinggi muka air sekitar 2-2,5 meter tersebut menyebabkan 7 orang warga meninggal dunia dan Sekitar 700 KK mengungsi.

Selain menelan korban jiwa banjir yang berakibatkan longsor juga meluluh lantakkan seratusan rumah maupun fasilitas umum lainnya.

Terkait musibah yang menimpa warga Tapteng, DPD Walantara (Wahana Lingkungan Alam Nusantara) Kab. Karo merasa tergerak untuk membantu para korban bencana, dengan mengadakan kegiatan aksi sosial penggalangan dana dan nantinya akan diserahkan langsung oleh pengurus ke Tapanuli Tengah dan Tapanuli Selatan.

Sebelum bergerak penggalangan Donasi arahan singkat oleh Ketua Divisi Bid. Bencana Satgas Pramuka Peduli Karo Romadona, terhadap para siswa Pramuka Peduli. Selain itu, arahan maupun intruksi tekhnis kegiatan juga disampaikan oleh Daris Kaban selaku Ketua DPD Walantara (Wahana Lingkungan Alam Nusantara) Kab Karo didampingi John Ginting Wakil Ketua serta pengurus lainnya  kepada puluhan Satgas Pramuka peduli.

Puluhan anggota pramuka yang tergabung di satgas pramuka peduli bencana serta beberapa pengurus dpd walantara kab.karo langsung turun kejalan-jalan dan melakukan aksi penggalangan dana terhadap warga dan pengendara yang melintas, para anggota pramuka juga disebar di beberapa titik seperti di Kota Kabanjahe hingga ke Tahura Berastagi. Pada hari Sabtu dan Minggu,  (01-02/02/2020) mulai pukul 13 : 00 Wib .

"Kegiatan ini dilakukan secara spontanitas, berawal dari informasi yang kami dapat dari berbagai pemberitaan di media tentang musibah banjir bandang yang menimpa Tapanuli tengah sehingga kondisinya disana saat ini sangat memprihatinkan, mudah mudahan hasil dari penggalangan dana ini bisa  meringankan sedikit beban saudara saudara kita korban bencana," ujar Daris Kaban Ketua DPD Walantara Kabupaten Karo.

Dirinya menambahkan, pihaknya sengaja  menggandeng anggota pramuka yang berasal dari beberapa sekolah tingkat SLTA untuk memberikan pemahaman menumbuhkan rasa kepedulian antar sesama dalam situasi kebencanaan walau pun bencana tersebut terjadi bukan di tanah karo saja. Ia juga memberikan edukasi serta pemahaman tentang betapa pentingnya memelihara lingkungan agar terhidar dari resiko bencana alam seperti penting nya menjaga kelestarian hutan dan  menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit dampak pencemaran sampah," pungkasnya.

" Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai hari ini Sabtu, 01/02/2020 hingga hari Senin 03/02/2020 mendatang. Kami sangat mengapresiasi gagasan dari kakak-kakak pengurus DPD Walantara dalam melakukan kegiatan seperti ini. Karena dapat meringankan beban saudara kita yang sedang tertimpa musibah bencana alam banjir bandang di Tapteng," ungkap Romadona usai kegiatan aksi penggalangan donasi di lokasi Tahura (Taman Hutan Raya) Berastagi. (amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru