Ribuan Siswa MDTA Deliserdang Ikuti Manasik Haji Akbar

Editor: metrokampung.com

Lb Pakam, metrokampung.com
Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menghadiri Manasik Haji Akbar siswa-siswi MDTA se- Deli Serdang.Sebanyak 6.000 santri dan 1.500 guru Madrasah Diniyah Takmiliah Awaliah (MDTA) berbaur dalam kegiatan manasik haji akbar ke-8 tahun 2020 digelar Ikatan Guru Diniyah Takmiliah (IDGT) Kabupaten Deliserdang di lapangan Alun-alun Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Rabu (22/1/2020).

Ketua IGDT Deliserdang H Khairul Anwar MA MSi menjelaskan, manasik haji akbar yang digelar merupakan penguatan terhadap ilmu yang telah dipelajari santri MDTA di semester 1 kelas IV tentang haji dan umrah. Praktik dari ilmu tersebut juga dalam upaya menumbuhkan kecintaan mereka terhadap Islam, kabah, Baitullah sehingga tertanam nilai-nilai keagamaan yang mengakar sejak usia dini.

"Kita berharap ini menjadi ilmu dan bisa tertanam dalam diri mereka kecintaan terhadap Islam, terhadap kabah dan baitullah sehingga memotivasi mereka untuk mengamalkan ajaran-ajaran Islam,” ungkapnya.


Khairul juga menilai, praktik manasik haji akbar yang digelar juga bagian dari upaya melahirkan anak-anak soleh dan generasi relegius sejalan dengan visi pembangunan dicanangkan Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan menjadikan ‘Deliserang yang maju, berdaya saing, religius dan bersatu dalam kebhinekaan’. "Kegiatan-kegiatan yang kita lakukan hari ini, mudah-mudahan dapat mewujudkan Deliserdang yang religius,’ ucapnya.

Kepada seluruh guru MDTA Khairul juga mengingatkan, bawha mereka punya amanah dan tanggung jawab untuk menjadikan santri-santri MDTA sebagai generasi memiliki jati diri sehingga tidak boleh berhenti dalam mendidik mereka.


Secara khusus Khairul juga mengapresiasi Pemkab Deliserdang dan Dewan Pembina serta penasehat yang turut membantu pengembangan dan kemajunan dunia MDTA lewat perhatian insentif untuk para guru sejak tahun 2013 sampai 2019 dan sudah berjalan selama 6 tahun. "Kami apresiasi kepada Pemkab Delisedang yang sudah memberikan dana insentif guru MDTA se-Deliserdang sejak tahun 2013 sehingga sudah berjalan Selama 6 tahun,” ujarnya.

Bupati Deliserdang Ashari Tambunan  mengatakan,Anak adalah generasi masa depan. Oleh karena itu, setiap anak perlu dijaga, dibimbing dan dibina dalam semua aspek, tidak hanya berorientasi pada sains dan pengetahuan umum saja, akan tetapi juga dalam bidang keagamaan, salah satunya melalui pelatihan manasik haji.

Hal ini sangat penting dan bermanfaat, karena dengan mengajarkan manasik haji bagi anak - anak kita sejak dini, dapat menjadi bekal pengetahuan bagi mereka, seturut dengan perkembangan fisik anak yang memiliki memori yang sangat kuat. Sehingga di usia dininya, telah tertanam tentang tata cara pelaksanaan  ibadah haji, Misalnya :  rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, melakukan praktik  tawaf,  sa’i,  wukuf,  lempar jumrah dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, sangat menyambut baik kegiatan manasik haji MDTA ke - 8 ini, sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Ikatan Guru Diniyah Takmiliyah (IGDT) Kabupaten Deli serdang, yang telah menginisiasi terselenggaranya kegiatan Manasik Haji MDTA ke - 8. Ini adalah bagian dari upaya kita untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anak - anak kita kedepan.

Hadir pada acara tersebut hadir Wastiana Harahap dan Misnan Al Jawi anggota DPRD Deli Serdang, Wakapolresta AKBP Julianto P Sirait ,Kemenag Deli Serdang H Tholibun Pohan beserta staf, Kepala OPD terkait,Al-Ustad H Syamsudin Nur dan para guru MDTA.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini