SUMUT

NASIONAL

Bupati DS Minta RS Swasta Siapkan Ruang Isolasi

Kamis, 26 Maret 2020 | 19.22 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambubana meminta RS swasta didaerah itu untuk siapkan satu ruangan isolasi civid 19.

Lb Pakam, metrokampung.com
Bupati Deli Serdang,H Ashari Tambunan minta seluruh pimpinan  Rumah Sakit Swasta  didaerah itu supaya menyiapkan minimal satu ruang  isolasi  sesuai standard  untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Dalam surat Bupati Deli Serdang Nomor 440/1176 tanggal 26 Maret 2020 yang ditujukan kepada Direktur Rumah Sakit Swasta  se-Kabupaten Deli Serdang disebutkan, berdasarklan keputusan Bupati Deli Serdang Nomor 94 Tahun 2020 tentang penetapan  Status Siaga Darurat  Bencana Non Alam Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) di Kabupaten Deli Serdang.Kemudian keputusan Bupati Deli Serdang Nomor 95  Tahun 2020 tentang pembentukan  Gugus tugas Percepatan  Penanganan  Corona Virus  Disease (Covid 19).

Apalagi,saat ini kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ekskalasinya tinggi di Kabupaten Deli Serdang .Sementara ruang isolasi RS rujukan covid 19 juga masih terbatas.

Bupati juga menyebutkan bahwa syarat terbitnya Surat Izin Operasional Rumah Sakit adalah berpedoman  kepada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 56 tahun 2014 tentang klasifikasi  dan perizinan rumah sakit yang kemudian direvisi  dengan peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2020 tentang klasifikasi dan perizinan rumah sakit yang menyatakan bahwa rumah sakit harus memiliki ruang isolasi.

Menindaklanjuti  hal tersebut, Bupati Ashari minta kepada seluruh pimpinan rumah sakit swasta di daerah itu agar menyiapkan minimal satu ruang isolasi sesuai standard untuk PDP.

Kabag Tata Usaha Pimpinan Setdakab Deli Serdang, Ari Mulyawan Simatupang diruang kerja, Kamis (26/3/2020) membenarkan adanya surat Bupati Deli Serdang ditujukan kepada seluruh pimpinan Rumah Sakit Swasta di daerah itu.

“Ada sebanyak 21 rumah sakit swasta di Deliserdang dan diminta agar menyiapkan minimal satu ruang isolasi standard untuk PDP,"papar Ari.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru