SUMUT

NASIONAL

Bupati Karo : Edukasi Cuci Tangan Demi Antisipasi Covid-19

Senin, 23 Maret 2020 | 12.32 WIB
Kali Dibaca |

Sebelum memasuki ruangan kerjanya, Terkelin Brahmana SH, MH melakukan cuci tangan, untuk mengedukasi setiap orang masuk kedalam kantor bupati, harus terlebih dahulu cuci tangan menjaga antisipasi Virus Corona.   

Tanah Karo, metrokampung.com
Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, MH, didampingi Kasat Pol PP Hendrik Philemon Tarigan, Kabag umum Hotman Brahmana,  menyediakan tempat dan sabun untuk melakukan cuci tangan dalam antisipasi peyebaran virus corona, Senen (23/3) pukul 09.30 wib di  pintu gerbang msuk halaman kantor Bupati Kabanjahe.

Menurut Terkelin, sebelum masuk kekantor Bupati akan terlihat  tulisan himbauan bagi setiap orang yang lewat, namun diutamakan bagi  pejalan  kaki, agar singgah dulu ditempat yang telah disediakan untuk mencuci tangan sebelum melanjutkan perjalanan  kedalam ruangan kantor Bupati atau ke kantor OPD lainnya, ujarnya.

Iya, tadi kita sudah arahkan buatkan SOP (standar operasional prosedur) agar  anggota satpol PP selalu antisipasi setiap orang yang masuk, agar disapa, dan diarahkan secara sopan berikan edukasi pentingnya cuci tangan, guna menghindari penyebaran virus corona (Covid-19), jelas Terkelin.

Justru itu, terkelin mengatakan saat dirinya memasuki halaman kantor bupati bersama staf yang lain, ia memberikan contoh dan mengajak masyarakat dan pegawai lainnya untuk  antri bersama yang lain, dan memperagakan cara mencuci tangan yang benar, tukasnya.

Dalam memperagakan, Terkelin mengajak dan mengedukasi  untuk menyanyikan dua baris lirik lagu "Tanah Karo simalem" dan tidak terasa cuci tangan selesai, disamping itu cuci tangan ini sangat bermanfaat karena kebersihan adalah pangkal kesehatan, ucapnya.

Untuk itu, aktifkan budaya tegor sapa dan budaya antri menjaga ketertiban, jangan nanti hanya sebetas cuci tangan, ujungnya berebut padahal tujuan sama, menjaga kesehatan dan memutus mata rantai virus corona disease (covid-19), terang Terkelin.

Salah satu warga Kabanjahe, andi (30) yang sedang  melintas hendak  mengurus surat ke kantor bupati, ikut berhenti sejenak dan antri untuk mencuci tangan, guna menekan penyebaran virus corona disease (covid-19). Yang diedukasi oleh Bupati karo tadi, ujarnya.

Andi menilai, sikap edukasi bupati ini cukup luar biasa sebagai ada kepedulian untuk Bumi turang ini, sebenarnya jujur, saya tadi kurang kenal dengan Bupati tapi dengan sikapnya yang ramah, menunjukkan pemimpin yang dekat dengan masyarakat, lontarnya.

Dipihak lain, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, mengatakan sangat mengapresiasi tindakan yang dibuat oleh pemkab karo dalam hal mengajak dan mengedukasi setiap orang  yang hendak ke kantor Bupati.

Pun begitu,  iriani mengaku  dalam action ini dia juga harus  melakukan cuci tangan sebelum keruangan bupati karo, dengan tujuan memberikan contoh teladan bagi yang lainnya, bahwa dalam antisipasi penyebaran virus corona, kita harus bersinergi tanpa memandang, suku, ras , jabatan,Pangkat dan pekerjaan, tandasnya.

Iriani menilai, action ini sunggu baik dan bermanfaat dan action ini wajib  setiap OPD lainnya  mengikuti dan menerapkan  kebijakan yang telah dibuat oleh Bupati,tentunya harus ada kepedulian dan perhatian dalam mengantisipasi penyebaran virus corona,"pungkasnya.(amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru