SUMUT

NASIONAL

Bupati Sergai Tabur Benih di Pulau Gambar

Senin, 16 Maret 2020 | 18.12 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Ir. H. Soekirman bersama H. Zulkifli Barus (kanan).

Galang, metrokampung. com
Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman  menghadiri acara turun tabur benih dan jamu ladang yang diselenggarakan para petani di  Desa Pulau Gambar  sekaligus penyerahan lahan desa kepada Balai Penyuluh Pertanian (BPP), Senin (16/3/2020).

Menurut Soekirman, dia baru saja pulang dari Jakarta mengikuti pertemuan bersama Menteri Pertanian. Dari pertemuan tersebut,  lanjutnya,  diketahui  bahwa pemerintah saat ini  berusaha meningkatkan  bidang pertanian melalui program  Komando Strategi pertanian (Kostrattani). 

Program diitingkat pusat disebut Kostratpus dipimpin Menteri Pertanian.
Ditingkat Provinsi disebut Kostratprov dipimpin Gubernur, ditingkat Kabupaten  Kostratda dipimpi Bupati dan ditingkat Kecamatan Kostratcam dipimpin Camat.

Kades Mimbar serahkan surat  tanah pada Bupati Soekirman.

Program ini dimaksud agar dalam  melaksanakan pemberdayaan   dapat secara   fokus. Sejalan dengan tujuan tersebut pemerintah juga akan melaksanakan program peningkatan sumber daya manusia kepada para petani.

 "Sehingga ketika menerima prgram - program dari para penyuluh pertanian, para petani mampu dan memahaminya," ujar Soekirman.

Sebelumnya Kepala Desa Pulau Gambar Mimbar melaporkan, Kelompok tani yang hadir
dicara tabur benih dihadiri 16 Kelompok tani dari Desa Pulau Gambar dan Desa Pulau Tagor Kecamatan Serba Jadi.

Sedangkan penyerahan tanah dalam bentuk hibah kepada Pemkab Sergai seluas 1.100,35 M2 untuk  pembangunan Kantor Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Serba Jadi, Kotarih dan Kecamatan Selinda.

Soekirman bersama petani turut  malaksanakan  tabur benih diareal yang disiapkan petani dan dilanjutkan dengan melakukan penanaman pohon mangga.

Pelaksanaan tebur benih jamu ladang itu diwarnai dengan makan bersama Bupati  rombongan berikut para petani. Para petani terlihat antusias menyalami Soekirman dan meminta foto bersama. Soekirman dengan ramah menyambut permintaan warganya itu. Hingga silih berganti warganya minta giliran poto baik yang pria maupun ibu-ibu. Bahkan ada yang minta berselfi kepadanya. Bupati yang dikenal familiar dan kocak itu.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru