SUMUT

NASIONAL

Rutan Klas IIB Kabanjahe, Laksanakan Sosialisasi Pencegahan Virus Corona Covid-19

Rabu, 18 Maret 2020 | 19.48 WIB
Kali Dibaca |


Karo, Metrokampung.com
Maraknya berita Virus Corona yang melanda berbagai Negara belahan Bumi, membuat  semua elemen masyarakat resah, panik dan kawatir akan terjangkiti virus berbahaya dan mematikan ini.

Salah satu upaya meminimalisir menyebarnya virus ini dikalangan warga binaannya, Ka.Rutan Kelas II B, Kabanjahe,  Enjat Lukmanul Hakim,Bc.IP.SH  bekerja sama dengan dinas kesehatan Kabupaten Karo yang diwakili Kepala Puskesmas Kabanjahe, dr.Lapan Tarigan mengadakan sosialisasi penanggulangan bahaya Covid-19 kepada ratusan warga binaan dan puluhan orang pegawai Rutan kelas II B, Rabu (18/03/2020) di Rutan Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Dalam paparannya, Dr.Lapan  menjelaskan,untuk mengantisipasi tertularnya virus corona, dihimbau untuk selalu rajin berolah raga minimal dua kali dalam seminggu, rajin cuci tangan usaii melakukan setiap aktivitas.  Memakan - makanan bergizi untuk menambah kekuatan daya tahan tubuh dan kalau bisa hindari tempat kerumunan massa, ujarnya.

Ditempat yang sama Ka.Rutan juga menjelaskan, Selain dari sosialisasi covid-19, yang tak kalah pentingnya adalah bahaya virus narkoba, untuk itu perlu kiranya kita bekerja sama, bergandengan tangan dengan pihak BNNK Karo, supaya secara dini dapat mengantisipasi jangan sampai ada lagi peredaran narkoba khususnya didalam Rutan Kabanjahe ini, harapnya.


Untuk itu, pada hari ini kita melakukan tes urin terhadap  68 orang pegawai Rutan, supaya kita dapat mengetahui bahwa pegawai kita betul-betul bersih dari virus narkoba, kalau kita mau bersih-bersih, harus sapunya dulu yang kita bersihkan, Ujar putra Banten yang baru bertugas menjabat Ka.Rutan pasca kerusuhan.

Diatmbahkan , Enjat Lukmanul Hakim,Bc.IP.SH,  tadinya selain pegawai Rutan, kita juga mau melakukan tes urin kepada 208 orang warga binaan, hanya dikarenakan alatnya kurang, maka kita lakukan tes urin buat pegawai dulu, nanti akan ditindak lanjuti ke warga binaan secara bertahap, tegasnya.

Diacara yang sama, Kasi Berantas BNNK Robinson Ginting yang mewakili BNNK Karo juga menyampaikan kepada para warga binaan Rutan Kabanjahe, pihaknya siap menerima warga binaan yang terlibat narkoba untuk berobat ke BNNK Karo, tanpa dipungut bayaran alias gratis.

Robinson Ginting juga memperingatkan,  kalau tidak mau cepat meninggal bagi pengguna narkoba yang mau sembuh dari candu narkoba, harus menguatkan hati, memutuskan hubungan komunikasi dengan teman-teman pemakai narkoba, Ujarnya dihadapan ratusan warga binaan yang sebagaimana kita ketahui hampir 70% adalah kasus narkoba ini, tutupnya.(amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru