SUMUT

NASIONAL

Bupati Ir.H.Zahir, MAP Bersama Forkopimda, Menerima 122 Masyarakat Batu Bara Dari Malaysia

Senin, 27 April 2020 | 07.12 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP saat menerima 12 2 TKI.
Batu Bara, Metrokampung.com
Bupati  Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP menerima 122
Orang TKI yang bekerja dari malaysia.bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah di Desa Kuala gunung kecamatan Datok Limapuluh kabupaten Batu Bara, Senin (27/04/2020).

Bupati Ir.H.Zahir, MAP  kepada Metrokampung.com mengatakan 122 warga Batubara yang dipulangkan dari Malaysia merupakan warga yang terdampak wabah virus corona atau covid-19 di Malaysia. Penerimaan diawali dengan pemeriksaan kesehatan diatas kapal Pasific Jetstar I dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara dr Wahid Khusyairi beserta 15 orang tim medis dengan rata-rata suhu badan masyarakat 35, 36, dan 37 derajat langsung dinaikkan ke bus yang disiapkan oleh Kadis Perhubungan Kab. Batubara Jhonis Marpaung.

Menurut Zahir, hal ini merupakan bentuk tanggungjawab Pemerintah Kabupaten Batubara terhadap warganya. Setelah kita berkoordinasi dengan pihak terkait, maka warga Batubara ini harus dipulangkan.

"Ini bermula dari salah seorang anggota DPRD Batubara (Pak Darius) yang menyatakan bahwa banyak warga kita yang berada di Malaysia terdampak virus corona. Akibat wabah ini, mereka sudah tidak bekerja lagi. Perekonomian mereka terganggu. Kita pemerintah berkewajiban membantu warga kita," ujarnya.

"Untuk tahap ke II kita lihat perkembangan. Yang kita jemput ini yang mendapat pengampunan dari Malaysia, kalau tidak ada pengampunan, tidak bisa dijemput," katanya.

Sementara itu Kadis Sosial Ishak SPd dan unsur staf telah menyediakan 200 paket sembako dan minuman untuk berbuka puasa karena kapal yang dinahkodai oleh Kapten Budi Santoso dengan 8 ABK nya mendarat jam 17:30 waktu setempat di Pelabuhan Teluk Nibung Tanjung Balai.

Saat ini 122 masyarakat langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Batu Bara untuk proses pemeriksaan lebih lanjut karena 4 orang diantaranya atas nama Nasri (28) asal Desa Perupuk, Indra (25) asal Desa Bulan Bulan, Fahmi (28) asal Desa Simpang Dolok, Rusli (37) asal Desa Titi Merah mengalami demam tinggi dan langsung di rawat oleh dr Jhon Purba di RSUD Batu Bara karena 4 orang ini didahulukan keberangkatannya.

Oleh sebab itu Bupati Batubara mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang ikut memfasilitasi pemulangan 122 orang warga Batu Bara yang terlantar dari 128 orang yang terdaftar bisa tiba dalam keadaan selamat di Batu Bara.

Zahir berharap ke 122 orang ini bisa mengikuti protokol kesehatan selama berada di ruang karantina Rumah Sakit Umum Daerah dan kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah sahur dan puasa selama berlangsung karantina disiapkan oleh pemerintah daerah tegas Zahir.

Zahir juga mengucapkan terimakasih kepada unsur Forkopimdan Batu Bara, kepada Sekda, kepada Kadis Kesehatan dan jajaran, Kadis Sosial, Kadis Perhubungan, Direktur RSUD Batu Bara yang ikut membantu proses penjemputan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Batu Bara yang saat ini tiba di Kabupaten Batu Bara. Sekda Batu Bara Sakti Alam Siregar SH, Kadis Infokom Andre Rahadian, serta Ketua Kadin OK Faizal Djalil SP.

Amatan Metrokampung Com kepulangan TKI dari malaysia ini akan menjalani masa karantina di SMK N 1 Lima Puluh, Kecamatan Datuk Lima jika Puluh, Kabupaten Batu Bara.

Bupati Batu Bara Ir. H Zahir, MAP didampingi Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis SH MH, Dandim 0208/AS Letkol TNI Sri Marantika dan Ketua DPRD M Syafii SH, Wakil Ketua DPRD Syafrizal SH. Menerima kepulangan dari Malaysia, sebanyak 122 warga Kabupaten Batu Bara.(MK/DS)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru