SUMUT

NASIONAL

Diterjang Laharan, Jalur Lintas Kabanjahe-Kuta Buluh Terputus

Kamis, 23 April 2020 | 18.53 WIB
Kali Dibaca |


Tanah Karo -Metrokampung.com
Saat warga dicekam was-was dengan serangan wabah covid 19 yang melanda, warga dusun Bekerah desa Sukatendel kecamatan Tiganderket dikejutkan dengan melubernya air dari jalur laharan ke badan jalan serta membuat lahan pertanian warga rusak berat, Kamis(23/04/2020) sekira pukul 14. 40 wib.

Hal ini dijelaskan Roy Bangun yang juga realawan Lingkar Sinabung(LARSI) mengatakan bahwa kejadian pukul 14.40 wib hingga pukul 16.29 seputaran Lingkar Sinabung diguyur hujan lebat, sehingga jalur laharan tidak sanggup menampung terjangan laharan yang membawa material bebatuan dan kayu kayuan mengakibatkan tersangkutnya material tersumbat di jembatan membuat air meluber kebadan jalan dan pemukiman warga serta lahan lertanian warga.


Lanjut Roy, saat ini pihak pemdes desa Sukatendel, BPD, Polsek Payung dan masuarakat bergotong royong memperbaiki secara manual, ujar Roy.

Sementara itu kepala desa Sukatendel Dewanto Perangin nangin didampingi sekretaris desa Rahmat Perangin nangin mengatakan, kita bergotong royong untuk mbersihkan badan jalan akibat terjangan laharan dari Puncak Sinabung, serta kita sedang mendata kerusakan lahan pertanian masyarakat akibat lahar hujan, ujar kepdes.

Kepala desa juga  menghimbau kepada pengguna lalulintas dari Kabanjahe -Kutabuluh atau sebailknya agar sementara waktu melewati desa Batukarang, karna jembatan di dusun Bekerah belum bisa dilewati hingga saat ini, pungkas Dewanto.(amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru