SUMUT

NASIONAL

Forkompincam dan Puskesmas cek Rumah Isolasi Pasien ODP di Desa Kuta Bangun : Inovasi Kepdes Diacungi Jempol

Senin, 27 April 2020 | 18.59 WIB
Kali Dibaca |


Tiga Binanga-Metrokampung.com
Forum Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Tigabinanga didampingi oleh Puskesmas Tigabinanga dan Kepala Desa Kuta Bangun melakukan pengecekan ke Rumah Isolasi Pasien ODP ( Orang Dalam Pantauan) di Desa Kuta Bangun wilayah kerja Kecamatan Tigabinanga, Senin (27/04/2020).

Rumah Isolasi Pasien ODP (Orang Dalam Pantauan) Desa Kuta Bangun telah berdiri sejak seminggu yang lalu (20/04).

Terdiri dari 2 rumah isolasi. Rumah isolasi yang pertama merupakan bekas bangunan BKIA (Balai Kesejahteraan Ibu dan Anak ) Desa Kuta Bangun yang merawat satu ODP asal Bekasi atas nama Doni (20). Yang bersangkutan telah mendiami rumah isolasi selama 4 hari. Keadaan yang bersangkutan sampai saat ini tidak menunjukkan gejala Covid19.

Rumah isolasi kedua yang bertepatan di samping rumah isolasi pertama merupakan hibah hak pakai dari salah seorang warga Desa Kuta Bangun, Davin Ginting.

Dua orang ODP asal Bekasi telah mendiami rumah tersebut selama 4 hari. Adapun kedua ODP asal Bekasi tersebut adalah Feber Surbakti (23) dan Andi Karo Karo (25). Kedua ODP tersebut sampai saat ini juga belum menunjukkan gejala Covid19.

Di lokasi posko tampak hadir, Camat Tigabinanga Membela Tarigan SH, Kapolsek Tigabinanga Iptu Bengkel Ginting, Danramil Tigabinanga Letda Inf Mukhtar Sembiring, Kepala Puskesmas Tigabinanga dr Jenda Muli Sembiring serta Kepala Desa Kuta Bangun Nada Ginting.


"Yang berada di Rumah Isolasi ODP ini awalnya hanya pendatang yang memiliki gejala sakit. Namun ada inovasi yang menarik dari kepala desa, untuk mengisolasi setiap pendatang  yang baru bepergian dari daerah terjangkit. Jadi ini merupakan gebrakan yang bagus dari kepala desa dalam memutus mata rantai Covid19." Ujar Kapus Tigabinanga Jenda Muli Sembiring, yang dimintai keterangan oleh awak media METROKAMPUNG-COM.

Posko ODP Covid-19 di Desa Kuta Bangun merupakan hasil kerjasama Forkompincam Tigabinanga dan Puskesmas Tigabinanga dimana pemerintah Desa Kuta Bangun ditunjuk sebagai fasilitator dengan pembinaan secara langsung oleh Tim Kesehatan Puskesmas Tigabinanga.(Sal/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru