SUMUT

NASIONAL

Pemkot Tanjungbalai Terima Kunjungan Lintas Fraksi DPRD Sumut

Rabu, 29 April 2020 | 19.50 WIB
Kali Dibaca |

Pemerintah Kota Tanjungbalai menerima kunjungan lintas fraksi DPRD Sumut dalam rangka mengetahui kesiapan Pemkot Tanjungbalai dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih belum berakhir, Rabu (29/4/2020).(Foto Mk/dok)

Tanjungbalai, metrokampung.com
Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Tanjungbalai, Rabu (29/4/2020) sore Pemerintah Kota Tanjungbalai menerima kunjungan lintas fraksi DPRD Sumut dalam rangka mengetahui kesiapan Pemkot Tanjungbalai dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih belum berakhir.

Para anggota lintas fraksi DPRD Sumut yang hadir di antaranya, Irham Buana Nasution SH, M Hum dari Fraksi Golkar, DR Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat Partai Perindo, Drs Syamsul Qamar dari Fraksi Golkar, Rusdi Lubis dari Fraksi Hanura dan H.M Subandi dari Partai Gerindra. Rombongan diterima langsung oleh Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH didampingi Sekdakot Yusmada SH,MAP, Asisten Pemerintahan Nurmalini Marpaung S.Sos, Kadis Kominfo Walman Riadi P Girsang, Ka Bappeda Ahmad Solihin, Kalaksa BPBD M. Ridwan Parinduri, Kadishub Khairul, Kabag Pemerintahan dan Otda Pahala Zulfikar S.STP,M.Si dan OPD Lainnya.


Dalam pertemuan tersebut, anggota DPRD Sumut, H.M Subandi menyampaikan apakah Pemkot Tanjungbalai telah melakukan Refocusing dan Realokasi Anggaran dalam penanganan Covid-19 mengingat hingga saat ini masih ada Pemkab/Pemkot yang belum melaksanakan hal tersebut. Dalam hal pemberian bantuan sosial bagi warga terdampak Covid-19 yang berasal dari Pemprovsu akan dikoordinasikan secepatnya sehingga dapat segera disalurkan ke warga yang membutuhkan. Dalam rangka pemulangan TKI dari Malaysia, Pemprovsu sangat merespon positif hal tersebut, papar Subandi.

Sementara itu, Syamsul Qamar mengatakan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 mengharapkan Pemkot Tanjungbalai dan DPRD Tanjungbalai dan seluruh Instansi terkait bersinergi melakukan langkah langkah strategis antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Tanjungbalai.

Anggota DPRD, Jopianus Taripar Hutabarat dari Fraksi Perindo menyampaikan ingin mengetahui Pelayanan kesehatan yang ada di Pemkot Tanjungbalai terutama dalam menangani Pasien, langkah Pemkot Tanjungbalai dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Kesiapan Pemkot Tanjungbalai dalam rangka antisipasi kepulangan TKI dari Malaysia serta perkiraan keadaan pasien Covid-19 yang ada di Kota Tanjungbalai.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial menyampaikan Pemkot Tanjungbalai dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kota Tanjungbalai, Pemkot Tanjungbalai telah melakukan dua kali refocusing dan realokasi anggaran penanganan Covid-19 di Kota Tanjungbalai. Dimana pada tahap pertama Pemkot Tanjungbalai menetapkan 1,3 Miliar dari anggaran tidak terduga dan pada tahap kedua sebesar 15,8 Miliar.

Lanjut Wali Kota H.M Syahrial, Pemkot Tanjungbalai juga telah menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat Tanjungbalai yang terdampak Covid-19 di seluruh Kecamatan dan Kelurahan se Kota Tanjungbalai yang akan berakhir penyalurannya pada 1 Mei 2020 mendatang.

"Dalam penanganan pasien Covid-19, Pemkot Tanjungbalai telah menyiapkan 6 ruang isolasi di RSUD dr. Tengku Mansyur dan penanganan meningkatkan pelayanan pasien di seluruh Fasilitas Kesehatan terutama di Puskesmas yang ada ditiap Kecamatan," jelas Wali Kota.

Pemkot Tanjungbalai bersama Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat aktif melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap warga yang masuk ke Kota Tanjungbalai, baik yang mengendarai mobil, Kendaraan umum/bus dan Sepeda motor di empat posko pemeriksaan yang telah didirikan dan berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Asahan.

"Terkait pemulangan TKI dari malaysia, saat ini kita terus mendata jumlahnya dan akan berkordinasi dengan Pemprovsu dan lintas sektoral, mudah mudahan dalam waktu dekat TKI kita asal Tanjungbalai akan segera kembali ke tanah air. Pemkot Tanjungbalai mengucapkan terimakasih kepada Pemprovsu yang telah memberikan bantuan APD dan Alkes dalam penanganan Covid-19. Hingga saat ini, Perkembangan Pasien Covid-19 di Kota Tanjungbalai terus menurun yakni 2 ODP dan 2 PDP," papar Wali Kota.

Harapannya, penyebaran Covid-19 akan segera berakhir sehingga kita semua dapat beraktifitas normal kembali.(ES/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru