SUMUT

NASIONAL

Pemuda Pancasila Puji LPM Galang Tertibkan Pasar Liar di Bahu Jalan

Kamis, 02 April 2020 | 15.53 WIB
Kali Dibaca |

Jalan Galang Kota yang dulunya macet sekarang sudah lancar.

Galang, metrokampung.com
 Ketua Pemuda Pancasila Ranting Kelurahan Galangkota, Kecamatan Galang, Kabupaten Deliserdang Ade Heriansyah menyambuat baik kinerja pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Galang yang melakukan penertiban terhadap para pedagang dibahu jalan.

Ade Heriansyah mengatakan hal itu, Kamis (3/4/2020),  menanggapi keaktifan pengurus LPM  mengontrol  para pedagang pasar pagi hingga  arus lalu lintas mulai  terurai.

Mirun Ginting pedagang pisang dari Desa Sialang, Kecamatan Bangun Purba.

Pemuda Pancasila   mengapresiasi program LPM yang melakukan pengaturan  secara konsisten serta  penuh rasa tanggung jawab  mengarahkan para  pedagang. Mereka   hadir setiap paginya  memantau  agar tidak sampai terjadi kemacatan arus lalu lintas.

Heri panggilan tokoh pemuda ini mengungkapkan,   bertahun - tahun sudah para pedagang pagi yang mayoritas  penduduk dari luar Kecamatan Galang,  memaparkan lapak dagangan mereka  hingga sampai kebadan jalan yang beraspal.

Tingkah mereka bersama along - along (kreta pengangkut belanjaan) membuat arus lalu lintas sering  menjadi macet sehingga banyak masyarakat yang mengeluh akibat terjebak  dalam kesemerawutan  yang dibuat pedagang.

Akan tetapi, lanjut Heri,  kehadiran   LPM Galang Kota dibawah pimpinan Dante Sopyan Sinaga alias Pipi menertibkan  para pedagang,  merupakan langkah yang positif dan sudah mulai tertata  rapi serta arus lalu lintas juga terlihat lancar.

Ketua Pemuda Pancasila Ranting Kelurahan Galang Kota, Ade Heriansyah.

Keputusan LPM membolehkan pedagang  berjualan  satu solusi yang baik, dengan catatan batas lapak yang digelar harus satu meter dari pinggir badan jalan.

Ketua Pemuda Pancasila Ade Heriasyah mengingatkan,  para pedagang untuk tetap menjaga komitmen dan tidak melanggarnya  dengan  berjualan kembali  sebagaimana sebelumnya.

Menurutnya,  Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan  disetiap kesempatan mengutarakan,  bahwa Galang Kota merupakan  salah satu wajah Deliserdang karena  sebagai pintu masuk kewilayah ini. Oleh karenanya, harus ditata agar memili wajah yang cantik, bersih dan teratur.

Salah seorang pengurus LPM Galang Kota, Antoni Aquin.

"Sehingga orang masuk pertama  melihat Galang bersih dan teratur, maka akan menilai  Deliserdang secara menyeluruh berwajah bersih dan teratur, "kata Heri mengutip ungkapan Bupati.

Heri juga mengatakan, peran pedagang maupun along-along dan penjaga parkir diharap turut bertanggung jawab terhadap keinginan bupati tersebut.

 "Jika masih membandal dan seenaknya berjualan hingga kembali menimbulkan kesemerawutan, maka Pemuda Pancasila akan mendesak Satpol PP membersihkan  para pedagang yang berjualan di badan jalan tersebut," tegas Heri.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru