SUMUT

NASIONAL

Tata Kelola Keuangan Pemkab Toba Dinilai Sukses, Raih Opini WTP 4 Tahun Anggaran Secara Berturut

Senin, 20 April 2020 | 12.02 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Toba Ir. Darwin Siagian Saat Konfrensi Persnya Jumat dihadapan Wartawan Terkai WTP Toba Empat Kali Berturut-turut. 

Toba, metrokampung.com
Pemkab Toba kembali raih Opini Wajar Tampa Pengecualian (WTP) pengelolaan keuangan yang keempat kalinya secara berturut turut.

Edu Panjaitan Kepala Perwakilan BPK Propinsi Sumut pada jumat (17/4/2020) melalui telekonferensi kepada Pemkab Toba dihadiri Bupati Toba beserta OPD Kabupaten Toba.

Darwin Siagian memaparkan usai telekonfrens selaku Bupati Toba bersama dengan Ketua DPRD Toba dan beberapa Anggota DPRD Toba lainnya secara resmi sampaikan hasil peraihan WTP.

Dihadapan sejumlah wartawan pada konfresi persnya pada hari Jumat (17/04/2020) sekitar pukul 13:30 Wib, bertempat di depan Kantor Bupati Toba.

Keterangan yang disampaikan Bupati Toba, Pemkab Toba tercepat ketiga penyampaian laporan di propinsi Sumut setelah Asahan dan Siantar.

Bupati mengatakan, Pemkab Toba telah menyampaikan laporan keuangan yang disampaikan kepada BPK perwakilan propinsi Sumut tepat waktu bahkan lebih cepat yakni pada tanggal 20 Februari 2020, dari waktu yang ditentukan yakni tanggal 31 Maret 2020.

"Didasari acuan laporan keuangan, Pemerintah Toba telah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), sistim pengendalian intern (SPI) telah efektif dan memadai.

Kecepatan pengungkapan informasi dengan didasari bukti pengeluaran lengkap, ditambah kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan," terang Bupati Toba.

"Dirinya mengakui masih ada kelemahan yang ditemui, pada laporan keuangan, namun hal tersebut tidak mempengaruhi opini BPK-RI, dengan catatan kelemahan tersebut sifatnya perbaikan dengan kurun waktu enam puluh hari kedepan," tambah Bupati.

Ketua DPRD Toba, Effendi Napitupulu dalam kata sambutannya mengatakan "selamat atas perolehan WTP ini, namun bukan gampang untuk mempertahankannya.

Kedepan DPRD pun akan lebih memaksimalkan  pengawasan. Besar harapan kami, semua pilar bergandengan tangan dalam hal pengawasan serta mendukung program dan kinerja Pemkab Toba ucap Efendi. (e/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru