SUMUT

NASIONAL

Update Covid 19 Karo, Kadis Kesehatan Karo : Hasil Rapid Tes Awal Pasien PDP Positif

Rabu, 15 April 2020 | 20.57 WIB
Kali Dibaca |

Kadis Kesehatan Karo, Irna Syafrina

Karo, metrokampung.com
Pasca mewabahnya Covid 19, di Kabupaten Karo, setelah sebelumnya seorang warga Berastagi dinyatakan positif terjangkit Covid 19. Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Karo, kembali menyatakan kalau seorang pasien dinyatakan positif Covid 19 usai dilakukan pemeriksaan awal Rapid Test.

Hal ini diterangkan Kadis Kesehatan Karo, Irna Syafrina, mengatakan kalau pasien tersebut sudah dilakukan Rapid Test awal, dan hasil pemeriksaannya dinyatakan positif Covid 19. Namun dirinya menambahkan kalau hasil pemeriksaan awal Rapid Tes tersebut, belum dapat dipastikan kalau terjangkit Covid 19, sebelum dilakukan Swab Tes.

"Memang benar kita ada menerima seorang pasien dengan gejala demam, batuk, dan sesak. Kemudian kita lakukan pemeriksaan awal dengan Rapid Tes, dan hasilnya positif," jelasnya saat ditemui di Kantor Gugus Tugas Karo, Rabu (15/04/2020) sekira pukul 19.15.wib.

Lanjutnya dirinya mengatakan kalau pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan ke daerah terjangkit, kota Medan beberapa hari yang lalu. Dan saat ini pasien tersebut sudah kita kirim ke rumah sakit di Medan, untuk dipantau kondisi kesehatannya.

"Pasien ini kan belum tentu positif Covid 19 karena belum dilakukan Swab Tes. Dan ini pun akan kita lakukan pemeriksaan Rapid Tes kedua, sekitar 10 hari kedepan. Karena untuk pemeriksaan Rapid Tes atau darah ini, harus dilakukan pemeriksaan sebanyak 2 kali, sebelum Swab Tes untuk kepastiannya," jelasnya.

Irna juga menjelaskan,  SWAB  adalah Test yang  menentukan posting tidaknya PDP dengan jalan mengambil lendir dalam hidung dan tenggorokan. Ini merupakan diagnosa yang akurat .

Dirinya juga menambahkan kalau pasien tersebut merupakan warga Kabanjahe, dan berstatus pria.

"Data kita tadi kalau pasiennya itu warga Kabanjahe, dan berjenis kelamin laki laki , berusia 52 thn. Dan saat ini sudah kita kirim ke rumah sakit swasta di Medan untuk dipantau kondisi kesehatannya," ujarnya.

Sementara itu Plh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Karo, Martin Sitepu, mengimbau kepada masyarakat untuk waspada atas adanya informasi tersebut. Dan mengikuti arahan dan instruksi yang diberikan pemerintah untuk menerapkan Social Distancing.

"Jadi hal ini menegaskan kalau Covid 19 itu sudah mulai ada di Karo. Dan kita harap masyarakat jangan lagi sepele dan cuek akan virus ini. Ikutilah apa yang dianjurkan pemerintah, jangan keluar jika tidak penting, jauhi keramaian, cuci tangan, gunakan masker, untuk menghindari penyebaran Covid 19 ini," harapnya.(amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru