SUMUT

NASIONAL

Dinkes DS Ancam Beber Nama Anggota Dewan Terbukti Rafid Jika Nekad Reses

Kamis, 21 Mei 2020 | 10.52 WIB
Kali Dibaca |

Kadis Kesehatan Deli Serdang, dr Ade Budi Krista.

Lb Pakam, metrokampung.com
Kadis Kesehatan Deli Serdang, dr Ade Budi Krista meminta kepada 7 anggota DPRD daerah itu yang ternyata reaktif Covid-19 agar tidak melakukan reses. Sebab hal itu melanggar SOP kesehatan terkait Covid-19.

"Kan sudah jelas bahwa ada 7 anggota dewan yang reaktif setelah menjalani rapit tes kemarin. Karenanya mereka ketujuh anggota dewan tersebut harus melakukan isolasi mendiri selama 14 hari. Ini untuk kebaikan bersama terutama kosntituennya ," kata dr Ade,Rabu (20/5/2020).

 Dijelaskan dr Ade, rapid reaktif artinya bahwa dalam tubuh sudah terdapat antibody yang terbentuk karena terpapar virus. Namun virus jenis apa belum diketahui. Sehingga harus dilakukan swab yang dilanjut melalui PCR (polymerase chain reaktion) yaitu pemeriksaan laboratorium guna mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus.

 Memang, tambah pria berkacamata ini, meski hasil rapit tes tersebut reaktif, bukan berarti yang bersangkutan positif terpapar Covid-19. Itu sebabnya, pihaknya telah melakukan pemeriksaan swab kepada ketujuh anggota dewan dan 4 staf DPRD, Selasa (19/5/2020).

 Jika diantara ketujuh anggota dewan tersebut nekad melakukan reses, dengan tegas dr Ade akan membeberkan nama anggota dewan yang bersangkutan.

"Kalau ada bukti mereka melakukan reses akan kita beberkan namanya. Tujuan kita demi kebaikan bersama, bukan yang lain. Oke, saat ini mereka masih reaktif, tapi jika nanti hasil swab ternyata ada yang positif Covid-19, siapa yang bertanggung jawab.

 "Bahkan penyebarannya makin meluas,"jelasnya.
 Diberitakan, sebanyak 7 anggota DPRD DeliSerdang dan 4 staf sekretariat DPRD ternyata reaktif setelah dilakukan rapit test oleh Dinas Kesehatan Deliserdang di salah ruangan kantor dewan.

 Namun dari 50 anggota DPRD Deli Serdang, hanya 13 yang hadir mengikuti rapit test dimulai pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB. Bahkan dari empat pimpinan dewan yang hadir hanya Nusantara Tarigan.

 Adapun anggota dewan yang hadir, Nusantara Tarigan, Bayu Sumantri Agung, Misnan Aljawi, Said Hadi, Agus Setiawan, Legimun, Abdul Rahman, Gambo Tarigan, H Imayadi, Berngap Sembiring, Kustono,  Simon Sembiring dan Mangadar Marpaung. Selain anggota dewan, 4 staf sekretariat dewan juga terbukti reaktif dari 33 staf yang menjalani rapit test. (dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru