SUMUT

NASIONAL

DPRD Samosir Koordinasi Pendataan Penerima BST

Senin, 18 Mei 2020 | 21.43 WIB
Kali Dibaca |

Ketua DPRD dan Ketua Komisi I DPRD Samosir di aula kantor Camat Onanrunggu.

Samosir, metrokampung.com
Pimpinan DPRD Samosir melaksanakan konsultasi dan koordinasi terkait pendataan Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) yang sumber dananya dari Kementerian Sosial.

Pendataan penerima BST yg berasal dari dana desa ke Kecamatan Onanrunggu, Senin (18/5/2020) diterima oleh Camat Onanrunggu, Junita Sinaga, dan Kasi Kesra di Aula Kantor Camat Onanrunggu.

Pendataan penerima BST sumber dana Kementerian Sosial dilakukan untuk mengakuratkan data penerima BST agar tepat sasaran dan tidak ada penerima ganda.

Hal tersebut dijelaskan oleh Ketua DPRD Samosir, Saut Tamba dan Komisi I DPRD Samosir, Saur Tua Silalahi, kepada wartawan.

"Konsultasi dan koordinasi pendataan BST ini kita lakukan agar supaya pemerintah desa melakukan oendataan dengan baik dan benar, serta tidak ada diskriminatif dan berkeadilan sosial," terang Saut Tamba.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi DPRD, yaitu controling atau pengawasan, jadi sejak pendataan kita awasi supaya BST ini tidak menjadi permasalahan hukum kelak" paparnya.
Serupa dikatakan Ketua Komisi I DPRD Samosir, Saur Tua Silalahi, pihaknya melakukan koordinasi dalam pendataan penerima BST ini supaya datanya tidak serampangan, serta tepat sasaran.

 "Dan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari," imbuhnya.

Ditambahkan Saur Tua Silalahi, DPRD Samosir mengawasi pendataan penerima BST ini tujuannya supaya data dari desa tidak serampangan. Sehingga  dapat dipertanggungjawabkan secara peraturan perundang-undangan dan regulasi yang mengaturnya ini menyangkut keadilan sosial sebagaimana amanah yang termaktub dalam Undang-Undang Dasar 1945 khususnya BST dalam pencegahan covid-19 ini yang sudah pandemi global.

"Pendataan penerima BST harus akurat dan kredibel jangan ada yang mengambil keuntungan secara pribadi maupun golongan dengan cara menyalahgunakan jabatan yang ada padanya yang akhirnya merugikan penerima BST teraebut," kelakar Saur Tua.

Camat Kecamatan Onanrunggu, Junita Sinaga, pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasihnya  kepada pimpinan DPRD Samosir dan Ketua Komisi I yang telah datang di Kecamatan Onanrunggu ini untuk koordinasi dan melakukan kontrol pendataan penerima BST.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru