SUMUT

NASIONAL

Sesuai Protokol Kesehatan, PKK Dairi Lakukan Pembinaan Ke Desa Silalahi I

Sabtu, 09 Mei 2020 | 21.25 WIB
Kali Dibaca |


Dairi, metrokampung.com
Di masa pandemi Covid-19 yang masih mengkhawatirkan di tengah masyarakat khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Dairi, tidak mematahkan semangat TP PKK Kabupaten Dairi dalam melakukan pembinaan ke beberapa Desa. Terlebih, saat ini PT PKK Kabupaten Dairi memiliki beberapa desa binaan, yang terus harus dilakukan pembinaan. Yang tentunya dengan tetap menjalankan pembinaan sesuai protokol kesehatan penanganan Covid-19, yakni physical distancing (menjaga jarak) dan tetap menggunakan masker.

Pembinaan di beberapa desa tersebut dipimpin dan digerakkan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu bersama Anggota PKK Kabupaten Dairi, dengan melakukan pembinaan di salah satu dari desa binaannya yakni Desa Silalahi I Kecamatan Silahisabungan, Jumat (08/05/2020). Pembinaan tersebut dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Silalahi I, yang dihadiri Camat Silahisabungan Hamaska Silalahi, Kepala Desa Silalahi I Anggiat Sihaloho beserta Anggota PKK Desa Silalahi I.

Camat Silahisabungan Hamaska Silalahi dalam sambutannya mengatakan sangat berharap desa yang ada di wilayahnya diberikan pembinaan serta arahan dari Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Ny.Romy Mariani Eddy Berutu apalagi saat ini masyarakat  mengalami penurunan ekonomi yang sangat berdampak akibat pandemi Covid-19.

Hal Senada juga diucapkan Kepala Desa Silalahi I Anggiat Sihaloho dalam sambutannya menyampaikan rasa  terimakasih atas kunjungan Ketua TP PKK Ny. Romy Mariani Eddy Berutu di desa yang menjadi salah satu desa binaan TP PKK karena telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke desa Silalahi I, karena dengan kedatangan Ketua TP PKK akan membawa semangat serta motivasi baru bagi warga Desa Silalahi khususnya Ibu-Ibu PKK Desa Silalahi demi kesejahteraan keluarga.
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny.Mariani Eddy Berutu dalam kesempatan tersebut mengatakan di Kabupaten Dairi terdapat 5 Desa Binaan PKK  yang telah ditetapkan sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, dimana salah satunya adalah Desa Silalahi I yang menjadi Desa Binaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Menurutnya, UP2K ini dikatakan Romy Mariani adalah suatu usaha ekonomi untuk meningkatkan pendapatan keluarga-keluarga yang telah memiliki pendapatan utama baik itu dari pertanian maupun dari perdagangan Romy juga mengatakan usaha ekonomi yang yang menjadi sumber pendapatan keluarga khususnya di Kecamatan Silahisabungan yang menjadi salah satu pengembangan yang akan terus dilajkukan adalah Tenun Ulos Silalahi.


“Ditengah situasi pandemic covid-19 yang sedang kita hadapi ini, kita bersyukur para penenun di Silalahi ini masih dapat melakukan aktivitasnya bertenun di rumah mereka masing-masing,” ucap Romy.

Lebih lanjut Romi Mariani bahwa sebelum masa pandemic covid-19 ini ada berbagai kegiatan yang telah dilakukan untuk pengembangan Tenun Ulos Silalahi dibawah bimbingan Dekranasda Kabupaten Dairi, salah satu kegiatan Dekranasda tersebut adalah mengadakan lokal latih pengembangan Tenun Ulos yang bekerjasama dengan PT. Inalum dengan mendatangkan narasumber desainer ternama Merdi Sihombing.

"Hasil Tenun Ulos Silalahi yang kita kembangkan melalui dekranasda tersebut  sudah kita bawa dan telah kita perkenalkan di Pameran Fashien Show di Belgia pada beberapa waktu yang lalu," ungkap Romy.

Dengan ditetapkannya Desa Silalahi I sebagai Desa Binaan UP2K, Romy Mariani selaku ketua PKK kabupaten Dairi juga sangat  berharap agar berbagai potensi untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dapat dikembangkan selain Tenun Ulos Silahisabungan yang sudah dikembangkan.

"Dengan pembinaan ini kita harapkan kita bisa bangnkit di tengah situasi sulit masa Pandemi ini, salah satu yang kita gulirkan Tenun Ulos harus tetap jalan," pungkas Romy.(vikram/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru