SUMUT

NASIONAL

Pemkab Labuhanbatu, Evaluasi BUMDesa se Kabupaten Labuhanbatu

Senin, 15 Juni 2020 | 21.49 WIB
Kali Dibaca |


Labuhanbatu, metrokampung.com
Pemkab labuhanbatu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu sudah membentuk tim monitoring, dan juga sudah menjadwalkan terkait evaluasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) se Kabupaten Labuhanbatu.

Pertemuan ini dihadiri langsung Abdi Jaya Pohan, SH selaku Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu beserta jajarannya, M. Kartadinata, SE selaku Camat Bilah Barat, Taufik Umri selaku Koordinator TA P3MD Kabupaten Labuhanbatu beserta tim, Kepala Desa se Kecamatan Bilah Barat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kecamatan Bilah Barat, Pengurus BUMDesa se Kecamatan Bilah Barat yang lama dan yang baru serta pengawas BUMDesa di wilayah kerja masing-masing. Acara ini dilaksanakan di Aula Kantor Camat Bilah Barat, Senin, 15 Juni 2020.

Pertemuan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah pada rapat evaluasi tersebut.

Saat memberikan arahan, Abdi Jaya Pohan, SH menyampaikan pertemuan ini membahas beberapa agenda penting yaitu dimana kami Dinas PMD sudah membentuk tim monitoring, serta sudah menjadwalkan evaluasi BUMDesa se Kabupaten Labuhanbatu yang di mulai pada hari ini sampai dua minggu kedepannya secara bertahap.

"Melihat maraknya problematika di desa-desa selama ini, terkhusus terkait Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) yang menjadi perhatian khusus kita di Dinas PMD untuk serius ingin membenahi, membangun dan memajukan desa serta memanfaatkan segala potensi-potensi yang ada di desa, yang mana seyogianya ini kedepannya perlahan kita akan benahi agar BUMDesa dapat di managemen dengan baik, agar menjadi solusi ataupun jawaban dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di desa," imbuh Abdi.

Abdi Jaya Pohan, SH juga mengucapkan terimakasih kepada camat bilah barat, terkait atensinya dalam memberikan fasilitas dalan pertemuan ini. Selanjutnya Abdi manambahkan mari sama-sama kita saling bersinergi antara Dinas PMD, Tenaga Ahli P3MD, Camat, Kepala Desa, BPD, Pengurus BUMDesa dalam membenahi dan memajukan desa, karena kuncinya adalah dengan saling berkoordinasi, berkolaborasi dan bergotong royong kita semua pasti bisa menjawab persoalan yang ada di desa," harap Abdi.

"Selanjutnya ditempat yang sama, hal yang senada juga disampaikan Koordinator TA P3MD Kabupaten Labuhanbatu Taufik Umri, Pertemuan ini dalam rangka menyegarkan kembali Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Kecamatan Bilah Barat. Karena kita berharap bahwa jika BUMDesa dikelola secara profesional akan membawa kebaikan terutama menambah pendapatan di Desa," tutur Taufik.

"Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) kedepan akan dijadikan lembaga yg mampu menambah pendapatan desa, mengurangi pengangguran dan menciptakan iklim usaha yang baik di desa," tegas Taufik.

"Kami berterima kasih kepada Pemkab Labuhanbatu terkusus buat instansi terkait yang menaungi yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu yang serius dalam menyegarkan BUMDesa di Kabupaten Labuhanbatu. Dan kami juga berharap Pemerintah Kabupaten memberikan penyuluhan secara reguler kepda para pengurus BUMDesa," ungkap Taufik selaku Koordinator Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Labuhanbatu.(Oen/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru