SUMUT

NASIONAL

Sungai Nenas Siam Meluap, Rumah Warga Terendam

Rabu, 17 Juni 2020 | 17.49 WIB
Kali Dibaca |

Rumah warga yang terendam banjir.
Batu Bara, metrokampung.com
Sungai Nenas Siam meluap. Akibatnya sejumlah rumah warga Desa Nenas Siam, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, terendam banjir. Ketinggian air mencapai 50 cm.

Menurut keterangan Camat Medang Deras, Syarijal kepada wartawan, Rabu (17/6/2020), banjir di desa tersebut yang paling parah.

Camat mengaku dirinya telah turun langsung ke sejumlah lokasi banjir. Disebutkannya, banjir mulai merendam rumah warga sejak Selasa (16/6/2020) malam. Syarijal telah memanggil Kades Nenas Siam ke kantor camat.

Jalanan juga dipenuhi luapan air sungai.
Sementaraseorang warga Dusun III Pinggir Sungai, Desa Nenas Siam, Budianto (40) menuturkan banjir membuat rumah di sekitar kediamannya terendam air dan merusak alat -alat elektonik, tivi, kulkas dan lainnya.

"Banjir ini sudah sering terjadi akibat luapan air Sungai Nenas Siam yang tidak mampu menampung debit air dari hulu, dan tidak ada keseriusan pemerintah untuk menangani masalah. Akibat banjir tersebut kamiharus mengungsi untuk tidur,"sesalnya.

Banjir juga membuat jalan tergenang air mencapai 15 cm dan pengedara harus berhati-hati. Dikarenakan ada bekas gorong- gorong di jalan tersebut.Kedalamnya hampir mencapai 50 cm.

"Kalau tidak hati-hati, pengendara kreta bisa terjatuh dan minibus bisa rusak bodi atau bagian bampernya,"ujar Juliandin, Ketua LSM Kopel (Komunitas Peduli Lingkungan). Iapun sangat menyayangkan kejadian ini. Karena banjir ini sudah makan macam obat apabila hujan terus menerus di hulu Sungai Bah Apel Siantar.

Kondisi jalan beraspal yang berlubang saat banjir menyulitkan pengendara yang melintas.
"Kamilah yang jadi korbannya, dikarenakan rumah saya pun terkena juga imbasnya,"tambahnya.

Terpisah, Anwardi Kepala BPBD Kabupaten Batu Bara menjelaskan pihaknya akan turunkan tim kesana untuk mengevakuasi warga korban banjir.

"Tapi saya masih menunggu surat permitaan dari Camat Medang Deras," imbuhnya.(rudi/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru