SUMUT

NASIONAL

Kegiatan Menambang Batu Dan Ilegal Logging di Desa Manumpak B STM Hulu Sudah Dilaporkan ke Polisi

Rabu, 01 Juli 2020 | 19.34 WIB
Kali Dibaca |

Anggota DPRD Deli Serdang Desak Penegak Hukum Menutup Paksa dan Memproses

Kegiatan penambangan batu dan ilegal logging di Dusun I, Desa Manumpak B, STM Hulu telah dilaporkan ke aparat penegak hukum oleh LSM Topan RI dan juga anggota DPRD Deli Serdang Bayu Sumantri Agung meminta agar pelaku penambangan dan ilegal loging di proses hukum, Rabu (1/7/20).
STM Hulu-metrokampung.com
Penambangan batu dan penebangan kayu diduga tanpa izin yang berjalan sejak enam tahun lalu di Desa Manumpak B Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang mendapat respon dari elemen atau lembaga sosial dan anggota DPRD Deli Serdang.

Praktik kegiatan pertambangan diduga ilegal dan dugaan pengerusakan hutan itupun dilaporkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Topan RI Kabupaten Deli Serdang ke Polresta Deli Serdang, Rabu (1/7/2020). Dalam surat nomor : 05/PP.DPP/TOPAN-RI/DS/2020 melaporkan dugaan tindak pidana pengerusakan hutan lindung dan penambangan batu ilegal kekayaan alam Indonesia. Surat pengaduan masyarakat itupun ditujukan kepada Kapolresta Deli Serdang yang diterima Sat Reskrim Polresta Deli Serdang.

Kasat Reskrim Polresta Deli Serdang Kompol M Firdaus SIk ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya laporan pengaduan masyarakat. "Kita masih melakukan penyelidikan," singkat Kasat Reskrim Polresta Deli Serdang.


Terpisah anggota Komisi III DPRD Deli Serdang Bayu Sumantri Agung menegaskan bila kegiatan penambangan itu tidak punya izin alias ilegal, ia meminta agar pihak terkait Satpol PP maupun penegak hukum bisa memprosenya.

" Ya penegak hukum bisa menindaklanjuti, bila tidak ada ijin bisa ditutup paksa dan oknum atau orang orang tidak bertanggung jawab bisa diproses hukum, karena sudah merusak alam yang seharusnya dilindungi dan dilestarikan," tegas Bayu Sumantri Agung, Rabu (1/7/2020).

Bayu Sumantri Agung sangat menyesalkan kenapa pemerintah Kecamatan STM Hulu seperti membiarkan kegiatan ini.

"Kita mempertanyakan hal itu, kenapa Camat STM Hulu maupun Kepala Desa setempat kok diam saja? ini alam kita sudah dirusak yang seharusnya di jaga. Inikan bisa mengakibatkan banjir, longsor dan bencana lainnya yang bisa mengakibatkan dan membahayakan keselamatan warga setempat," tandas Ketua Fraksi PAN tersebut. (Bobby/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru