SUMUT

NASIONAL

Kelompok Tani Hutan Binaan PT. Toba Pulp Lestari Tbk Nikmati Panen Perdana

Jumat, 14 Agustus 2020 | 13.10 WIB
Kali Dibaca |


Sipahutar, metrokampung.com
Kelompok Tani Hutan (KTH) binaan PT Toba Pulp Lestari Tbk berjuang bersama menggelar panen perdana jagung di Dusun Parlombuan, Desa Tapian Nauli III, Kecamatan Sipahutar, Kabupaten Tapanuli Utara, pada rabu (12/08/20).

Perjuangan petani binaan PT. Toba Pulp Lestari Tbk merupakan budidaya jagung sekaligus penerapan program Intercrop. Kegiatan panen perdana jagung ini juga dihadiri oleh Tokoh Masyarakat Dusun Parlombuan, Kepala Desa Tapian Nauli III, Muspika Kecamatan Sipahutar, dan Perwakilan KPH IV Balige.

Program Intercrop ini dilakukan di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) PT. Toba Pulp Lestari Tbk, yaitu Compt. G 388 Sektor Habinsaran dengan luas total lahan 5 Ha dan seluas 3,75 Ha lahan yang akan digunakan sebagai lahan efektif tanaman jagung.


Program ini dilakukan sejalan dengan visi perusahaan, yaitu “Tumbuh dan Berkembang Bersama Masyarakat”.

Hal ini telah dimulai sejak januari 2020 yaitu dari proses pembersihan lahan, hingga dengan penanaman perdana serta pemupukan dasar yang dilaksanakan pada Maret 2020 lalu.

PT.Toba Pulp Lestari Tbk pada kesempatan ini,  hadir berkontribusi memberikan dukungannya dalam bantuan material dan juga pendampingan agar program yang dilakukan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkanan.

Martunas Tambunan, selaku Ketua Kelompok KTH Berjuang dengan anggota sebanyak 22 KK mengatakan, bahwa sebelumnya para petani tidak menanam jagung dalam jumlah yang banyak.

“Memang kami tanam jagung, tapi biaya kami tidak ada. Pihaknya tidak pernah menanam jagung berhektar, baru ini lah kami menanam banyak karena dibantu PT.TPL Tbk,” ujar Martunas.

Menurutnya, PT. Toba Pulp Lestari Tbk telah memberikan bantuan mulai dari awal proses tanam, pupuk, obat-obatan untuk tanaman, dan juga untuk tahap kedua. Selanjutnya PT Toba Pulp Lestari Tbk akan memberikan bibit kopi, alpukat dan aren.

“Bagaimana hasilnya nanti, kami semua tetap semangat. Mudah-mudahan ini tetap berkelanjutan dan hasilnya terus bertambah,” lanjut Martunas.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, yang diwakili Ronal Silitonga selaku Camat Sipahutar mengatakan, "bahwa program kemitraan ini diharapkan menjadi langkah awal untuk kedepan bahwa PT.Toba Pulp Lestari Tbk hadir ditengah masyarakat membawa dampak positif.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak TPL.Tbk yang sudah bermitra dengan masyarakat, berjuang bersama warga hingga terbentuk Kelompok Tani Hutan yang ada di Desa Tapian Nauli III ini,” ujar Ronal.

Juanda Panjaitan, mewakili Manajemen PT.Toba Pulp Lestari Tbk mengatakan bahwa pola pembangunan HTI sekarang mengarah kepada pola kemitraan, sehingga masyarakat disekitar dapat merasakan manfaat positif.

Program Intercrop ini juga merupakan proses pembelajaran dimana para petani  diajak bersama turut melakukan dan menginplementasikan dari pelatihan dan pendampingan yang telah diberikan.

Bersama dengan pemerintah daerah, PT. Toba Pulp Lestari Tbk memberikan pengetahuan mengenai pertanian kepada para anggota KTH.

“Kedepannya semoga kita dapat semakin meningkatkan program ini, tidak hanya penanaman jagung, tapi juga tanaman lain ataupun dukungan lain yang dapat membangun dan mengembangkan potensi masyarakat”, ujar Juanda.

Dengan adanya program ini, masyarakat diharapkan telah mendapat manfaat dari segi peningkatan ekonomi, kesempatan berkarya dan juga pengetahuan mengenai dunia pertanian. Kedepannya, semoga KTH Berjuang dapat menjadi kelompok tani yang mandiri. (rel/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru