SUMUT

NASIONAL

Lintas Organisasi di Karo Gelar Peringatan Tahun Baru Hijriah

Senin, 24 Agustus 2020 | 20.07 WIB
Kali Dibaca |


Karo, Metrokampung.com
Sejumlah organisasi di Kabupaten Karo menggelar peringatan Tahun Baru Hijriah di Masjid Al Muslimin Puja Kesuma Jalan Lingkar Kabanjahe, Minggu (23/08/2020).

 Acara tersebut juga dirangkai dengan muhasabah dan doa bersama untuk kebaikan Kabupaten Karo dan bencana Gunung Api Sinabung segera berakhir.

Dalam tausiahnya, Al Ustadz Irwansyah Putra, S.H.I., S.Pd.I. menekankan pentingnya bagi umat Islam memanfaatkan momentum Tahun Baru Hijriah ini untuk hijrah ke arah yang lebih baik.

 Meninggalkan segala perbuatan maksiat dan berubah atau bergerak menuju perbuatan yang diridhoi Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

"Misalnya, ketika berkumandang adzan, Bapak dan anak laki-laki bergerak dan langsung sholat ke Masjid. Demikian juga ibu-ibu hijrah mengambil air wudhu untuk Shalat. Itu juga namanya hijrah," ujar pria yang akrab disapa Ustadz Putra ini.

Ustadz Putra juga meminta jamaah yang hadir untuk mewujudkan hijrah sebagai perjalanan ibadah, seperti meluruskan niat dalam melakukan setiap kegiatan hanya karena Allah, agar agar bernilai ibadah. Termasuk dalam melakukan kegiatan-kegiatan sekecil apapun itu.

"Jangan sepelekan apa pun kegiatan kita. Niatkan karena Allah agar aktivitas kita menjadi ibadah. Karena kita tidak tahu aktivitas kita yang mana yang akan bisa menolong kita di hari akhir kelak," katanya..

Kemudian, Ustadz Putra juga menyebutkan hijrah sebagai perjalanan keimanan. Artinya, bagaimana seorang yang beriman yang mampu melaksanakan ibadah sebagaimana perintah Allah Subhanahu Wa Ta'ala, seperti sholat membayar zakat, berpuasa, haji, membantu saudaranya disaat dirinya dalam kesulitan, dan sebagainya.

"Terakhir, hijrah sebagai perjalanan ukhuwah atau persaudaraan seiman. Bagaimana Nabi Muhammad saat hijah ke Madinah mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dan Anshar.

 Inilah contoh bagaimana ikatan persaudaraan itu terjalin, meski pun mereka tidak pernah bertemu sebelumnya. Hendaknya saling tolong-menolong dan hindari pertikaian, baik itu di keluarga mau pun di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya.

SEJUMLAH pengurus organisasi masyarakat di Karo foto bersama saat gelar Peringatan Tahun Baru Hijriah.
Sejumlah organisasi turut hadir yang menggagas acara tersebut adalah DPD Puja Kesuma Kabupaten Karo, DPD Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Karo, Gerakan Peduli Dakwah Islam (Gerpedais) Karo dan Front Pembela Islam (FPI) Kabupaten Karo. Kemudian, Rumah Suka Sedekah, Pemuda Milenieal Gerpedais, ACT, LAKRI, Komunitas Sedekah Jum'at (KSJ), Karang Taruna Kabanjahe, Pengajian Al Muslimin dan Ikatan Remaja Masjid (IRM) Amaliah Laudah.(amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru