SUMUT

NASIONAL

Selain DKI, Sumut Menjadi Perhatian Penanganan Covid-19, Kunjungan Kerja Ke Karo, Anggota DPD RI Serahkan APD, Ketua DPD RI Ditabalkan Marga Sitepu

Kamis, 17 September 2020 | 21.56 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH.MH ketika memberikan cendra mata keoada Ketua DPD RI AA.Lanyala Mahud Martaliti Sitepu.
Karo, Metrokampung.com
Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH.MH didampingi Kapolres Karo, AKBP  Yustinus Setyo,SIK, Dandim 0205/TK Letkol Kav  Yuli Eko Hadiyanto, S.Sos,  Ketua DPRD Karo Iriani Beru Tarigan, Kamis (17/9/2020) sekira pukul  10:00 wib  sambut kedatangan Ketua DPD RI AA.Lanyala Mahud Mattalitti di halaman Kantor  Bupati Karo Jalan Let Jen Jamin Ginting Kabanjahe.

Kedatangannya didampingi anggota DPD RI lainnya yakni, wakil Ketua DPD RI,Sultan Bahtiar Najamudin, Putri Badikenta Beru Sitepu dari Sumut, Adiman Sari dari Sumatera Barat,Waode dari Sulawesi Tenggara, Fasulah Rozi dari Aceh,Sentiana dari DKI,Bustamin dari Lampung dan Ketua PMI Sumut DR Rahmad Shah dalam rangka kunjungan kerja.

Setelah berbincang diruang kerja Bupati Karo,anggota DPD RI bersama rombongan dan  Forkopimda langsung menuju aula kantor tersebut, namun sebelum acara berlangsung,Ketua DPD RI AA.Lanyala Mahud Mattalitti terlebih dahulu  diberikan seperangkat kain kebesaran adat Karo  serta pisau tumbuk lada oleh tokoh masyarakat Karo, Malem Ukur Ginting dan sekaligus menabalkan marganya menjadi marga  Sitepu bebere Perangin-Angin dan  disaksikan oleh Bupati Karo dan Forkopimda lainnya.

Dikesempatan itu Ketua DPD RI AA Lanyala Mahud  Mattaliti Sitepu mengatakan, bahwa kunjungannya bersama rombongan dalam melakukan kunjungan kerja.

Dikatakannya, bahwa kunjungan tersebut untuk menyerap aspirasi daerah dalam percepatan pembangunan daerah, kita bekerja untuk  kepentingan daerah dan membawa persoalan yang ada didaerah dan mengawalnya. Para senator harus siap menerima aspirasi  yang disampaikan, apalagi  dalam menghadapi masalah covid-19 ini.

Betapa beratnya masalah yang saat ini kita hadapi,khusus di Tanah Karo, dimana para petani mengslami kerugian akibat erupsi Gunung Sinabung dan belum lagi wabah Covid-19,sehingga hasil jual dari pertanian menurun.

Sedangkan data yang kami terima,,lebih kurang 700.000 hektar lahan pertanian  mengalami kerusakan dan begitu juga tanamannya dan kerugian mencapai 170 miliar"Ujarnya.

Dimana rapat kerja bersama Gubsu Edy Rahmayadi  kami lakukan dan telah disampaikan ke Presiden RI IrJoko Widodo, bahwa selain DKI dan beberapa Provinsi di Jawa dan luar Pulau Jawa ,Provinsi Sumut  salah satu menjadi perhatian dalam penanganan Covid-19," ujarnya.

Disambungnya lagi, untuk itu Presiden RI Joko Widodo  langsung menerapkan 4 langkah secara terpadu antara lain:
 1.Menyamakan data Pusat, Daerah,Provinsi dan Kabupaten kota agar setiap pihak dapat mengambil keputusan  cepat dan tepat.

2.Melakukan Operasi Yustisi Kesehatan

3.Peningkatan manajemen kesehatan pasien Covid-19 untuk menurunkan angka kematian.4.Penanganan secara soesifik pasien covid-19 di Pusat, Provinsi, Daerah Kabupaten dan Kota," jelasnya.

Disampaikannya lagi,salah satu bentuk kepedulian kami Senator terhadap Tanah Karo ini,kami menyerahkan Alat Pelengkap Diri (APD) berupa 4000 pc masker,40 derigen saniteser,1000 alat rapid tes dan 400 set baju asmat," ujarnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH.MH menyampaikan,bahwa keadaan yang dialami warga Tanah Karo selain Erupsi Gunung Sinabung dari Tahun 2010 hingga saat ini dan begitu juga virus covid-19,hingga hasil dari pertanian harganya pun anjlok.

"Hal ini sangat dirasakan oleh warga".Namun atas kedatangan Ketua DPD RI bersama rombongan dalam kunjungan kerja  ke Tanah Karo ini, kami sangat mengapresiasinyadan kiranya hubungan dapat terjakin dengan baik untuk pembangunan Kabupaten Karo kedepannya," kata Terkelin.

Di penghujung acara, Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH.MH menyerahkan cendramata kepada  Ketua DPD RI  AA.Lanyala Mahud Mattakiti Sitepu dan begitu juga sebaliknya. (amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru