Bupati Ir.H.Zahir, MAP : Zakat Memiliki Potensi Yang Besar Membantu Perekonomian

Editor: metrokampung.com
Bupati Ir.H.Zahir, MAP saat berikan zakat.

Batu Bara, Metrokampung.com
Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP hadiri menghadiri acara penyaluran zakat hasil kelompok Tani Al Ikhlas di Mesjid Al Ikhlas Desa Sumber Padi, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Senin (26/10/2020).

Bupati Ir.H.Zahir, MAP dalam sambutannya mengatakan bahwa mewakili pemerintah daerah kabupaten Batu bara mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada ketua dan segenap pengurus badan amil zakat nasional kabupaten Batu Bara yang telah bekerja secara optimal, profesional dan  membuat program-program unggulan sehingga menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.

 ”Salah satu rukun islam yang mempunyai keutamaan dan keistimewaan tersendiri adalah zakat. Zakat memiliki potensi yang besar untuk membantu perekonomian umat. Sebagaimana yang kita ketahui zakat merupakan kewajiban bagi setiap umat islam. Hal ini telah ditetapkan dalam alqur’an dengan jelas. Zakat tidak hanya berdimensi pada ibadah saja, tetapi juga berdimensi sosial dan ekonomi umat,“ tutur Politisi dari PDI Perjuangan ini.

Dari dimensi sosial dan ekonomi inilah  tambahnya, kajian terpenting yang harus dikembangkan secara  luas,  dimana zakat yang diharapkan mampu mengatasi masalah kemiskinan dan kesenjangan sosial.

”Pemerintah kabupaten Batu Bara dalam hal ini telah melakukan berbagai upaya dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat, melalui program pembangunan infrastruktur pendukung, peningkatan sumber daya manusia dan ekonomi kerakyatan. Namun demikian, yang  perlu diperhatikan bahwa upaya kearah itu tidak hanya sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah akan tetapi sangat diperlukan partisipasi, dukungan dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat,“ ungkapnya.

Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP berharap kepada kelompok Tani binaan Baznas agar bertambah banyak dan diberikan modal tambahan lebih banyak dan pihaknya akan memberikan Hadiah kepada dua petani yang hasil panennya sangat melimpah. Dan  menginstrusikan kepada Dinas terkait ikut turut membantu kelompok Tani Binaan Baznas.

Ketua Baznas Kabupaten Batu Bara, Drs. Abdul Muin menyampaikan bahwa adapun Pemberian dzakat ini adalah hasil dari panen kelompok Tani Binaan Baznas Kabupaten Batu Bara.

”Kelompok Tani binaan tersebut diberi modal dari permulaan tanam sampai dengan panen,“ ujar Abdul Muin.
 
Kabag Kesra Kabupaten Batu Bara, Adenan Haris, menyampaikan bahwa agama islam tidak hanya mengatur urusan-urusan yang berkaitan dengan masalah ibadah formal semata,  tapi juga masalah sosial kemasyarakatan.

” Mengatasi dan mencari solusi masalah-masalah sosial yang terjadi adalah bagian yang tak kalah pentingnya disamping pelaksanaan ibadah formal. Bahkan dalam batas-batas tertentu, keimanan atau keislaman seseorang bisa diukur dari sejauh mana tingkat kepedulian sosialnya terhadap sesama, “tutur Adenan Haris.

Oleh karena itu tambahnya,  penyaluran zakat hasil kelompok tani al ikhlas oleh badan amil zakat nasional kabupaten batu bara sangat menunjang program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat di kabupaten batu bara yang kita cintai.

Turut hadir, Ketua Baznas Kabupaten Batu Bara, Drs. Abdul Muin, Kabag Kesra, Adenan Haris, Camat Datuk Tanah Datar, Wandi dan Kades Sumber Tani. (MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini