Bupati Ir.H Zahir, MAP Berhasil Bawa Pemerintah Kabupaten Batu Bara Raih Opini WTP

Editor: metrokampung.com
Bupati Ir.H.Zahir, MAP saat menerima penghargaan WTP.

Batu Bara, Metrokampung.com
Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP di bawah kepemimpinannya kembali menerima 
penghargaan untuk pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah (LKPD) Kabupaten Batu Bara tahun 2019.

Penyerahan langsung dilakukan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendahraan Negara Provinsi Sumatera Utara diwakili Kepala Kantor Pelayanan Perbendeharaan Negara (KPPN) Tanjung Balai, bertempat di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Rabu (11/11/2020).

Bupati Batu Bara Ir Zahir, MAP dalam sambutannya mengatakan mengucapkan terima kasih kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Setdakab Batu Bara yang selalu bekerja keras dan berkomitmen dalam pencapaian ini.

Bupati berharap, hal ini bisa menjadi motivasi peningkatan kinerja ke depan sehingga dapat mempertahankan opini BPK yang sudah 2 kali berturut–turut dicapai agar dapat mewujudkan pemerintahan yang “Good Government dan Clean Government”. Artinya pemerintahan yang baik dan bersih dalam laporan keuangannya.

Menurut bupati, hal itu menunjukkan bukti sistem birokrasi di Pemerintah Kabupaten Batu Bara dan Kabupaten Asahan telah berangsur membaik. Prestasi Opini WTP bukan tujuan akhir, melainkan awal kerja untuk menjadi lebih baik lagi, menjadi kewajiban setiap pemerintah daerah dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan.

Untuk itu, sangat penting ketelitian dan kematangan dalam setiap program kegiatan dari perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan anggaran sampai kepada pelaporannya harus transaparan dan akuntabel, serta mengacu kepada ketentuan yang berlaku baik secara adminitrasi maupun teknis.

“Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pencapaian opini WTP ini, kita berharap Pemkab Batu Bara tahun depan dapat mempertahankannya," kata Zahir.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendahraan Negara Provinsi Sumatera Utara diwakili Kepala Kantor Pelayanan Perbendeharaan Negara(KPPN) Tanjung Balai Fedrioka (Oka) menyampaikan memberikan applaus atas prestasi yang diraih sebagai wujud apresiasi pemerintah atas pencapaian tersebut.penghargaan merupa piagam WTP atas capaian opini WTP aras laporan LKPD tahun 2019.

Dikatakan Oka, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari acara rapat kerja nasional, akuntasi dan pengelolaan keuangan tahun 2019 yang telah dilaksanakan oleh Kementerian keuangan pada tanggal 22 September 2020 secara Virtual.

Bahwa, pencapaian positif diraih atas laporan keuangan daerah pada LKPD tahun anggaran 2019, dan terdapat 486 dari 542 atau 89,7 % pemerintah daerah di seluruh Indonesia yang mendapatkan opini WTP.
Di antaranya terdiri dari 34 Pemerintahan Provinsi, 87 Pemerintahan Kota dan 365 Pemerintahan Kabupaten di seluruh Indonesia, dibandingkan dengan LKPD tahun 2018. Keberhasilan Pemerintah daerah yang meraih opini WTP atas LKPD tahun anggaran 2019 meningkat sebesar 7,9 %.

Dijelaskan Oka, untuk wilayah Sumatera Utara(Sumut) dari 34 Pemerintah Daerah(Pemda), 21 Pemda berhasil memperoleh Opini WTP dari Badan Pemerinksa Keuangan(BPK).“Tahun ini Kabupaten Asahan yang kedua kali dan Kabupaten Batu Bara yang ketiga kali memperoleh Opini WTP atas LKPD TA 2019,"ujarnya.(MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini