Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Pengusaha Bangun 87 Rumah di Deliserdang dari CSR

Selasa, 29 Desember 2020 | 23.34 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Deliserdang menyerahkan kunci bedah rumah Tahun 2018/2019 kepada masyarakat penerima sebanyak 87 orang.

Lb Pakam, metrokampung.com
Lingkungan memiliki peranan yang sangat  penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Disamping sebagai sumber perekonomian, juga berfungsi sebagai pelindung sistem penyangga kehidupan. 

Hal itu diungkapkan Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan dalam acara penyerahan penghargaan lingkungan hidup Tahun 2020 dan penyerahan kunci bedah rumah tidak layak huni melalui CSR pelaku usaha tingkat Kabupaten Deli Serdang bertempat di Balairung Perkantoran Pemkab Deli Serdang, Selasa (29/12/20) pagi.
 
Selanjutnya, Bupati Ashari Tambunan mengatakan, sudah menjadi tugas bersama untuk terus menjaga  dan  melestarikan  alam  lingkungan. 

"Namun kita menyadari bahwa saat ini, kita masih diperhadapkan dengan berbagai fenomena bencana ekologis yang disebabkan  oleh pemanfaatan sumber daya alam yang tidak berwawasan lingkungan hidup. Apabila hal ini dibiarkan secara terus menerus akan dampak pada terganggunya ketahanan lingkungan hidup dna pada akhirnya dapat mengancam keberlangsungan hidup  masyarakat,”jelas Ashari Tambunan.

Menyikapi kondisi yang demikian ini, lanjutnya, maka tidak  ada pilihan lain diperlukan suatu kebijakan dan  penetapan program - program pengelolaan lingkungan hidup melibatkan seluruh pemangku kepentingan serta seluruh elemen masyarakat.   

"Karena perwujudan kerjasama yang harmonis dan proporsional antara pemerintah, swasta dan seluruh elemen masyarakat, adalah kunci keberhasilan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,"tegas Ashari Tambunan.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, kami mengucapkan selamat atas penghargaan lingkungan hidup Tahun 2020 kepada beberapa organisasi perangkat daerah, para camat, pelaku usaha, kelompok masyarakat, pemerhati lingkungan, serta kepada masyarakat peduli lingkungan. 

Penghargaan yang diberikan ini adalah bentuk apresiasi atas dukungan dan peran aktifnya terhadap pengelolaan dan perlindungan lingkungan  hidup,"bilangnya.
 Sambung Bupati, apa yang telah dilakukan selama ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi agar Deli Serdang sehat, bersih dengan lingkungan yang indah dapat terwujudkan.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Deli Serdang, sebut Bupati, mengucapkan terima kasih atas bantuan CSR bapak dan ibu pimpinan 25 pelaku usaha di Kabupaten Deli Serdang perusahaan atas bantuan  87 rumah yang telah di bedah.

Sebelumnya, Kadis Lingkungan Hidup Deli Serdang Artini Marpaung dalam rangka program perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup Kabupaten Deli Serdang diserahkan beberapa penghargaan bantuan CSR yang telah terkumpul sebesar Rp. 1.307.309.500 dari tahun 2018/2019 untuk 87 unit rumah yang dibedah dan pemberian kunci bedah rumah yang telah selesai di kerjakan.

Kemudian juga dilakukan penyerahan penghargaan berupa piagam penghargaan “Sekolah Adiwiyata” tingkat Kabupaten Deli Serdang sebanyak 40 sekolah, piagam penghargaan dan piala kepada kecamatan terbaik dalam melaksanakan “Gerakan Deli Serdang Berseri” pada kegiatan World Cleanup Day (WCD) tahun 2020. Enam  Kecamatan Kategori Utama yaitu  Terbaik I Kecamatan Percut Seituan, terbaik II Kecamatan Sunggal, terbaik III Galang, harapan I Lubuk Pakam, harapan II  Deli Tua dan harapan III Kecamatan Patumbak. Sementara 6 Kecamatan Kategori Madya yaitu : Terbaik I Kecamatan Sibolangit, terbaik II Bangun Purba, terbaik III Pancur Batu, harapan I STM Hulu, harapan II Kutalimbaru, harapan III Kecamatan Biru-biru.

Sedangkan piagam penghargaan dan piala kepada nasabah Bank Induk berseri  di Komplek perkantoran Pemkab Deli Serdang, yaitu terbaik I Dinas Perhubungan, terbaik II Sekretariat DPRD Deli Serdang dan terbaik III Dinas PUPR. Piagam penghargaan kepada camat proaktif dalam pengelolaan CSR bedah rumah Fahun 2020, Camat Pantai Labu,  Batangkuis, Lubuk Pakam, Beringin, Sunggal dan Camat Patumbak.  

Piagam penghargaan kepada 13 pelaku usaha yang berperan aktif dalam pengelolaan lingkungan hidup diantaranya diterima PT Permata Hijau Palm Oleo, PT Soci Mas, PT Everbright Factory, PT Musim Mas. Piagam penghargaan kepada kelompok masyarakat pemerhati lingkungan hidup tahun 2020 terdiri dari 4 kelompok Kalpataru : Retreat Center, Syamsul Sinaga, Supardi Surbakti dan SMKN 1 Beringin, dua kelompok masyarakat Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 Indonesia,Dan Barisan Cinta Alam. Penyerahan penghargaan dan piala kepada masyarakat “Peduli Derakan Pilah Sampah dari Sumbernya di Kecamatan Lubuk Pakam Tahun 2020, Budianto, Novi Simbolon dan Loria Sagala.   

Sedang penyerahan kunci bedah rumah Tahun 2018/2019 kepada masyarakat penerima sebanyak 87 orang dan penyerahan CSR bedah rumah dari pelaku usaha kepada Bupati Deli Serdang serta penyerahan kitab suci Al Qur’an dari Badan Wakaf Al Qur’an Sumatera Utara sebanyak 300 eksemplar kepada bupati. (dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru