Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Bupati Deliserdang Lepas Ekspor Keripik Singkong ke Korea Selatan

Jumat, 29 Januari 2021 | 07.34 WIB
Kali Dibaca |



Lb Pakam, metrokampung.com
Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan melepas ekspor keripik singkong ke Korea Selatan dari Pusat Produksi Unggulan Daerah (PPUD) Deli Serdang di Jalan Tanjung Morawa-Medan, Kamis (28/1/21).

Ekspor keripik singkong milik PT Kreasi Lutvi Sejahtera yang berlokasi di Desa Tuntuntungan II, Kecamatan Pancur Batu tersebut sudah yang ke lima kali dilakukan dan setiap pengiriman sebanyak 6-7 ton, sedangkan jenis opak untuk nasional sebanyak 40 hingga 50 ton.

Direktur PT Kreasi Lutvi Sejahtera, Muhdi mengatakan, sebenarnya ekspor keripik singkong miliknya ke Korea Selatan sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. Namun selama ini ia masih memakai perusahaan pihak ketiga.

“Tapi berkat pengurusan izin difasilitasi Pemkab Deli Serdang, kita sekarang sudah bisa mengekspor langsung. Tidak lagi menggunakan perusahaan pihak ketiga. Karenanya, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Bupati Deli Serdang yang telah mendorong saya untuk lebih maju,” kata Muhdi.

Dijelaskan Muhdi, untuk ekspor ke Korea Selatan pengiriman keripik ubi sebanyak tiga kali dalam sebulan sebanyak tiga kontainer. Sementara opak ubi untuk nasional, pengiriman setiap tiga hari sekali sebanyak 40 hingga 50 ton.

“Kami ekspor ke Korea Selatan sejak tahun 2015, tapi kali ini kami sudah bisa ekspor secara mandiri. Saya juga sudah mendirikan koperasi dan memberikan pelatihan kepada pelaku UKM agar ikut memproduksi keripik. Sebab, kami butuh 120 ton singkong setiap harinya,” papar Muhdi di hadapan Bupati Deli Serdang. Karenanya, Muhdi berharap petani singkong di daerah Deli Serdang semakin bergeliat.

Kadis Perindag Deli Serdang, TM Zaki Aufa menyebutkan, pihaknya akan terus melakukan pembinaan dan pelatihan bagi pelaku UKM di daerahnya. Sehingga lahir Muhdi lainnya di Deli Serdang.

Kadis Perindag Provinsi Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis menyebutkan, ekspor makanan berbasis pertanian dari Sumut sejak tahun 2020 hingga saat ini mengalami peningkatan. Itu sebabnya, pelaku UKM harus terus ditingkatkan.

Pada kesempatan itu, Bupati H Ashari Tambunan didampingi Ketua DPRD Deli Serdang Zaki Syahri, Kadis Perindag Sumut H Riadil Lubis, Kadis Perindag Deli Serdang T M Zaki Aufa dan pejabat lainnya menyerahkan SK dari Kemenkum HAM kepada Direktur PT PT Kreasi Lutvi Sejahtera, Muhdi.

Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan dalam sambutannya mengatakan, berkat Direktur PT PT Kreasi Lutvi Sejahtera, Muhdi membuat Presiden RI Joko Widodo berulang kali menyebutkan kekagumannya ketika menyerahkan penghargaan kepada Muhdi di Istana Negara.

“Ketika itu Bapak Presiden Joko Widodo dalam sambutan tak tertulis berulang kali mengapresiasi keripik ubi Pak Muhdi yang sudah bisa ekspor ke Korea Selatan. Ini kenangan terindah bagi saya. Saya berharap momen tersebut dapat terulang kembali,” sebut Ashari.

Ia juga bertekad untuk terus memacu pelaku UMKM/UKM di daerahnya. Bahkan, Pemkab Deli Serdang akan berupaya melakukan pinjam pake lahan PTPN 2 agar dapat ditanam ubi. Pemkab Deli Serdang akan selalu mendampingi pelaku UMKM/UKM ke luar negeri dimana terdapat produk asal Deli Serdang.

Pada kesempatan itubupati didampingi Ketua TP PKK Hj Yunita Ashari Tambunan dan pejabat lainnya memecahkan kendi tanda pelepasan ekspor keripik singkong ke Korea Selatan. Terlihat hadir, Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang, Hj Pepen Yusuf Siregar, pihak bea cukai, perbankan dan lainnya.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru