Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Warga BSP Lubuk Pakam Bersihkan Mesjid Antisipasi Covid

Selasa, 05 Januari 2021 | 21.06 WIB
Kali Dibaca |

Warga BSP bergotong royong membersihkan dan mencuci karpet Mesjid Al Hidayah.

Lb Pakam, metrokampung.com
Warga muslim Perumahan BSP Desa Pasar Melintang, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang bergotong-royong membersihkan Masjid Al Hidayah yang berada di lokasi perumahan tersebut, Minggu (3/1/21).

Gotong-royong dilakukan oleh mayoritas warga laki-laki bersama pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Hidayah.

"Kita gotong-royong membersihkan masjid dengan mengepel lantai, mencuci seluruh karpet serta penyemprotan disinfektan. Selain menjaga kebersihan dan kesehatan terutama di masa pandemi Covid-19 ini, membersihkan masjid dari kotoran juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi jemaah,"jelas Ketua BKM Al Hidayah, Hendra Sembiring.

Disebutkannya, pahala yang diberikan oleh Allah SWT bagi orang yang suka membersihkan dan menjaga kebersihan masjid juga sangat dahsyat. Diantaranya diampuni dosanya.
 
"Orang yang menjaga kebersihan masjid, meskipun hanya dengan membuang kotoran sebesar biji sawi, maka dosanya akan diampuni oleh Allah sebagaimana disebutkan dalam hadis yang ditulis oleh Imam Suyuthi dalam kitab Lubabul,"tambah Hendra Sembiring.

Iapun memastikan selama pandemi covid, Mesjid Al Hidayah memberlakukan protokol kesehatan setiap melaksanakan ibadah salat. 

Sementara, Ketua STM Al Hidayah Syahril Chaniago menuturkan  kegiatan bersih-bersih mesjid yang rutin dilakukan diikuti oleh masyarakat muslim yang berdomisili di komplek perumahan BSP.

Disebutkan Syahril, kegiatan sosial yang dipeloporinya itu memiliki tujuan. Diantaranya membuat jamaah kian senang dan tenang beribadah di dalam masjid.  

"Mereka juga akan menjadi betah berlama-lama di masjid karena masjidnya bersih," kata Syahril Chaniago.

Selain itu toilet dan kamar mandi, sambung Syahril, juga dibersihkan sehingga menghilangkan bau dan sampah yang mengotori.

"Tujuan lain dari bersih-bersih mesjid yang kita laksanakan   ialah menyemarakkan kebiasaan gotong-royong. Hal itu juga dapat meningkatkan silaturrahim di tengah masyarakat, khususnya saat proses membersihkan masjid bersama-sama berlangsung. Ini maknanya membangun persatuan dan kesatuan antara jamaah masjid serta meningkatkan iman dan takwa tiap warga. Sebab, kebersihan itu sebagian dari iman. Artinya, kegiatan bersih-bersih masjid dapat pula meningkatkan iman jamaah masjid,"tutup Syahril yang sempat terluka pipi dan bibirnya karena tergelincir saat melaksanakan gotong royong.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru